LAPORAN KERJA PRAKTEK PT. CHANDRA ASRI PETROCHEMICAL, Tbk POLYPROPYLENE PLANT TUGAS KHUSUS MENGHITUNG EFISIENSI CYCLE GAS COOLER TRAIN #3

Barnabas Yososemito, Roby and Septania, Neria (2012) LAPORAN KERJA PRAKTEK PT. CHANDRA ASRI PETROCHEMICAL, Tbk POLYPROPYLENE PLANT TUGAS KHUSUS MENGHITUNG EFISIENSI CYCLE GAS COOLER TRAIN #3. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
INTISARI.pdf

Download (50kB) | Preview

Abstract

PT. Chandra Asri Petrochemical, Tbk. merupakan salah satu perusahaan yang memproduksi polipropilena sebagai bahan baku plastik. PT. Chandra Asri Petrochemical, Tbk. pada saat didirikan hanya memiliki 2 unit rangkaian proses (train) yang masing-masing berkapasitas 80.000 ton/tahun dan jenis polipropilena yang dihasilkan adalah homopolimer dan kopolimer acak (random copolymer). Dalam perkembangannya terjadi peningkatan kemampuan produksi melalui proses modifikasi terhadap kapasitas produksi (debottlenecking) tahap I pada tahun 1994, yakni masing-masing menjadi 120.000 ton/tahun. Jadi total kapasitas produksi setelah modifikasi ini adalah sebesar 240.000 ton/tahun. Pada tahun 1994 dibangun train III dengan kapasitas 120.000 ton/tahun yang memproduksi polipropilena jenis blok (impact). Train III ini mulai beroperasi sejak tahun 1995. Kapasitas ketiga train tersebut ditingkatkan menjadi 380.000 ton/tahun melalui proses modifikasi terhadap kapasitas produksi (debottlenecking) tahap II tahun 1996. Ketiga train tersebut menghasilkan tiga jenis polipropilena, yaitu homopolimer, kopolimer acak (random), dan kopolimer blok (impact). Sistem reaksi polimerisasi ini terdiri dari sebuah reaktor fluidized bed, cycle gas cooler, cycle gas compressor, dan cycle water pump. Reaktan dan gas inert dialirkan secara kontinyu ke dalam reaktor dan disirkulasikan dengan menggunakan kompresor melalui unggun resin terfluidakan yang mengandung katalis. Umpan terdiri dari campuran propilena, H2, N2, TEAl, dan SCA dalam bentuk campuran gas dan cair. Umpan masuk ke reaktor berupa bahan baku campuran dan reycle gas dari bagian bawah reaktor. Sedangkan temperatur dan tekanan operasi reaktor adalah 65 oC dan 30 kg/cm2G. . Katalis yang digunakan berwujud padat dan disuspensikan ke dalam mineral oil di dalam drum holds. Drum holds diputar dalam drum roller secara terus menerus agar katalis tetap tersuspensi. Katalis kemudian dipompakan ke dalam slurry feed tank yang merupakan sebuah bejana berpengaduk. Katalis ini diinjeksikan ke dalam reaktor secara kontinyu dengan menggunakan sebuah pompa melalui sebuah tubing. Produk hasil polimerisasi ini berupa resin polipropilena berwujud padat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Feb 2017 07:59
Last Modified: 16 Feb 2017 07:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11356

Actions (login required)

View Item View Item