TURYONO, EKO (2011) PENGARUH KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KESETIAAN MEREK PADA AIR MINERAL MEREK AQUA DI CILACAP. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (69kB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan masyarakat terhadap air minum sangat tinggi, sedangkan ketersediaan air
yang layak minum, berkualitas dan terjamin dari segi kesehatan semakin sulit diperoleh. Saat
ini masyarakat, terutama di Kota-kota besar tidak dapat lepas dari air minum dalam kemasan
(AMDK). Sebagian besar kebutuhan air minum tersebut selama ini dipenuhi dari sumber air
sumur atau dari air permukaan yang telah diolah oleh Perusahaan Daerah Air Minum
(PDAM). Semakin rendahnya kualitas air sumur, dan semakin menurunnya kemampuan
PDAM untuk memasok air dalam jumlah dan kualitas yang baik mengakibatkan konsumsi
AMDK cenderung meningkat. Hal ini menjadikan bisnis AMDK sangat prospektif dan
mendorong pertumbuhan industri AMDK di Kota-kota besar di Indonesia. Aqua merupakan
penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal
di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK. Dominasi Aqua di
pasar air minum dalam kemasan (AMDK) tetap tak terpatahkan. Kendati persaingan relatif
banyak dan terus tumbuh namun perusahaan yang beridiri sejak tahun 1973 ini tetap
memimpin pasar industri air minum di tanah air. Dengan pemanfaatan perkembangan
teknologi dalam perusahaan air minum maka upaya dalam menghasilkan air mineral yang
berkualitas menjadi target utama baik dari proses pemilahan sumber mata air, proses
penyulingan, proses pemilihan kemasan (packing) sampai pada uji kualitas dilakukan sesuai
prosedur dengan kelayakan komsumsi. Sehingga target permintaan pasar terkait dengan
kebutuhan air minum masyarakat dapat tercapai. Salah satu aspek yang menjadi sasaran
dalam strategi pemasaran adalah kepuasan konsumen. Dalam mengkonsumsi suatu produk,
konsumen memiliki sejumlah harapan agar apa yang dikonsumsinya sesuai dengan
kebutuhan dan keinginannya. Semakin tinggi harapan tersebut terealisasi, maka akan
semakin tinggi tingkat kepuasannya. Kepuasan merupakan respon kosumen yang sekaligus
evaluasi atas produk yang dikonsumsi sebelumnya. Kepuasan dapat berarti pula sebagai
penilaian terhadap suatu produk yang yang telah dikonsumsi dimana penilaian tersebut
didasarkan pada individu atau subjektif. Dalam kasus pemasaran, kepuasan konsumen dapat
dibentuk berdasarkan atribut-atribut kepuasannya, yaitu: Attributes related to the product,
Attributes related to service, Attributes related to the purchase (Dutka, 1994).
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh dan menganalisis
variabel kepuasan terhadap kesetiaan merek pada air mineral Aqua di Cilacap.
Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling (tekhnik
pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu) yang dalam penelitian ini sampel
berdasarkan lamanya konsumen menkonsumsi air mineral merek Aqua minimal 1 tahun.
Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah masyarakat Cilacap yang menkonsumsi air
You are using demo version
Please purchase full version from www.technocomsolutions.com
You are using demo version
Please purchase full version from www.technocomsolutions.commineral merek Aqua minimal 1 tahun yang berjumlah 100 orang. Alat analisis dalam
penelitian ini menggunakan regresi linear berganda.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Kepuasan Konsumen
berpengaruh langsung terhadap kesetiaan merek pada air mineral merek Aqua di Cilacap.
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan diatas, variabel kepuasan konsumen secara
langsung berpengaruh terhadap kesetiaan merek. Adapun penulis menyarankan untuk
menaikkan Kesetiaan Merek konsumen terhadap Pengguna Air mineral Merek Aqua maka
perusahaan memperhatikan atribut prodak karena hal ini merupakan faktor paling dominan
yang mempengaruhi Kesetiaan Merek, seperti mutu suatu produk dengan bahan-bahan alami
atau organik, gaya dan fungsi produk yang menarik dan bermanfaat, macam dari produk/jasa
layanan yang ditawarkan sehingga konsumen lebih memiliki ragam variasinya, sehingga
konsumen merasa bahwa nilai yang diperolah konsumen melebihi apa yang dibayar.
Kata Kunci : Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek Pada Air Mineral
Merek Aqua di Cilacap.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 14 Feb 2017 03:35 |
Last Modified: | 14 Feb 2017 03:35 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11310 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |