APLIKASIACTIVITY–BASEDCOSTINGSYSTEMDALAM PENENTUANTARIFSEWAALATBERAT EXCAVATORKOMATSUPC200-8 (StudiKasusdiCV.KencanaAnugrahNusantaraBelitungTimur)

ANGGORO, ARI (2012) APLIKASIACTIVITY–BASEDCOSTINGSYSTEMDALAM PENENTUANTARIFSEWAALATBERAT EXCAVATORKOMATSUPC200-8 (StudiKasusdiCV.KencanaAnugrahNusantaraBelitungTimur). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview

Abstract

CV. Kencana Anugrah Nusantara adalah, perusahaan yang bergerak khusus untukmenyediakanjasa peminjaman alat-alat berat Excavator kepada industri-industriTambangInkonvensionalbijihtimah(TI)dipulauBelitung, yang digunakan dan dibutuhkan untuk membantu kegiatan proses produksinya. Banyaknyaperusahaanjasapenyediaalat-alat berat inimemicupersainganyang begituketat denganperusahaansejenis, terutamadidalampersainganpenentuan tarifsewadari alat berat Excavatortersebut. Sistemperhitunganbiayayanglebih akurat sangat diperlukanagar perusahaanjasapenyediaalat-alat berat inidapat menentukantarifsewapelayanannyadengantepat. Tujuan Penelitian ini adalah menentukan tarif sewa dari alat berat ExcavatorKOMATSUPC200-8,danmembandingkantarifsewapadaalat berat untuk saat ini yang digunakan dengan tarif sewa perhitungan Activity-Based CostingSystem(ABC). Activity-BasedCostingSystem(ABC) ialahmerupakan sistemperhitungan biaya dimana banyaknya aktivitas yang diperlukan dalam menghasilkanjasaakanmenentukanjumlahbiayayangdiserapolehjasatersebut. Hasil yangdiperolehdari tarif sewa denganmenggunakanperhitungan Activity-Based Costing System (ABC) didapatkan tarif sewa sebesar Rp. 597.000/jam. Terdapatperbedaanantara, tarifsewayangditetapkanmenggunakan costinglamayaitulebihtinggi dibandingkandenganmenggunakancostingbaru. Selisihhargayangterjadi padake2(dua) costinginiadalahRp.11.000dengan persentaseperubahan1,80%. Untuktarifsewasetelahaktivitaspenggunaanalat komunikasi di lokasi tambang dieleminasi adalah sebesar Rp. 594.000/jam. Sedangkanpendapatandankeuntungan(profit) yangdihasilkanselama230jam beroperasi dengan menggunakan tarif sewa Rp. 594.000/jamialah, sebesar Rp.136.620.000. Katakunci:Activity-BasedCostingSystem(ABC)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 14 Feb 2017 03:13
Last Modified: 14 Feb 2017 03:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11307

Actions (login required)

View Item View Item