ANALISIS PERILAKU BRAND SWITCHING PADA PRODUK HANDPHONE DI KOTA YOGYAKARTA

Indrawati, Nelly (2011) ANALISIS PERILAKU BRAND SWITCHING PADA PRODUK HANDPHONE DI KOTA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Penelitian empiris ini dimaksudkan : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara serempak price, inconvenience,attraction by competitors, ethical problem, dan involuntary switching terhadap brand switching pada produk handphone di Kota Yogyakarta; dan 2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara parsial price, inconvenience, attraction by competitors, ethical problem, dan involuntary switching terhadap brand switching pada produk handphone di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survey yang mana informasinya dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan mengambil sampel dari suatu populasi dengan populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna handphone yang telah berpindah merek handphone di Kota Yogyakarta. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan dengan suatu pertimbangan tertentu dengan cara menentukan terlebih dahulu kritera responden. Sebanyak 100 kuesioner dibagikan kepada responden terpilih dan digunakan sebagai analisis stastistik. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel independen dan variabel dependen. Variabel independen ini meliputi : price, inconvenience, attraction by competitors, ethical problem, dan involuntary switching, sedangkan variabel dependennya adalah brand switching. Sebelum penelitian dilakukan pengujian instrumen yaitu pengujian validitas dan reliabilitas terhadap item-item variabel penelitian. Hasil pengujian validitas diperoleh nilai rhitung dari semua item variabel penelitian menunjukkan lebih besar dari nilai 0,05. Sehingga kuesioner dari variabel-variabel tersebut valid dan dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya, begitu pula pada pengujian reliabilitas menunjukkan nilai Alpha Cronbach lebih besar dari nilai 0,6, sehingga item-item tersebut sahih sebagai instrument penelitian. Hasil analisis dengan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa : (1) Variabel harga, kondisi ketidakenakan, daya tarik pesaing, masalah etika dan perpindahan tanpa sengaja secara serempak berpengaruh secara signifikan terhadap perpindahan merek; dan (2) Variabel harga, kondisi ketidakenakan, daya tarik pesaing, masalah etika dan perpindahan tanpa sengaja secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perpindahan merek pada handphone di Kota Yogyakarta. Kata kunci : price, inconvenience, attraction by competitors, ethical problem, involuntary switching, brand switching

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 14 Feb 2017 02:22
Last Modified: 14 Feb 2017 02:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11286

Actions (login required)

View Item View Item