ANALISIS PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), ANGKATAN KERJA DAN INFRASTRUKTUR TERHADAP INVESTASI PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) KABUPATEN/KOTA DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2004-2009

Sari, Novita (2011) ANALISIS PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), ANGKATAN KERJA DAN INFRASTRUKTUR TERHADAP INVESTASI PENANAMAN MODAL DALAM NEGERI (PMDN) KABUPATEN/KOTA DI PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2004-2009. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

Investasi merupakan salah satu kunci dalam setiap pembicaraan tentang pertumbuhan ekonomi. Menurut Mudrajad (2000), akumulasi modal sangat dibutuhkan oleh suatu negara untuk membangun kinerja perekonomiannya. Oleh karena itu, setiap negara berusaha untuk menciptakan iklim perekonomian dalam rangka mendorong terciptanya akumulasi modal yang diperlukan untuk pembangunan perekonomian. Studi ini meneliti tentang pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Angkatan Kerja dan Infrastruktur (panjang jalan) terhadap Investasi Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Daerah Istimewa Yogyakarta, dalam hal ini untuk seluruh kabupaten/kota di DIY tahun 2004-2009. Tujuan penelitian ini diharapkan dapat menganalisis bagaimana dan seberapa besar pengaruh variabel Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Angkatan Kerja dan Infrastruktur (panjang jalan) terhadap Investasi Penanaman ,Modal Dalam Negeri (PMDN) di DIY, sehingga nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu dasar dalam penentuan kebijakan dalam pengembangan Investasi PMDN di DIY. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS). Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier panel data dengan bantuan software Eviews 6. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) berpengaruh negatif signifikan terhadap Investasi PMDN, variabel Angkatan Kerja yang diproksi dengan orang yang sedang mencari pekerjaan menurut tingkat pendidikan (SMA dan Perguruan Tinggi) berpengaruh positif signifikan terhadap Investasi PMDN, variabel Infrastruktur yang diproksi dengan panjang jalan menurut kondisi jalan berpengaruh negatif signifikan terhadap Investasi PMDN di DIY. Kata kunci : Investasi PMDN, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Angkatan Kerja, Infrastruktur (Panjang Jalan)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 30 Jan 2017 07:12
Last Modified: 30 Jan 2017 07:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11209

Actions (login required)

View Item View Item