PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO KARUNG SUBUR DI KECAMATAN DELANGGU KABUPATEN KLATEN

Ilyas Khoirudin, Muh. (2011) PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO KARUNG SUBUR DI KECAMATAN DELANGGU KABUPATEN KLATEN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of Muh. Ilyas Khoirudin.pdf]
Preview
Text
Muh. Ilyas Khoirudin.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian empiris ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh variabel
produk, harga, distribusi, dan promosi secara simultan dan parsial terhadap
keputusan pembelian pada toko Karung Subur di Kecamatan Delanggu Kabupaten
Klaten. Hal ini didasari keputusan pembelian yang akan dilakukan seseorang
terhadap suatu produk yang akan dikonsumsinya akan tergantung dari harga,
kualitas produk, distribusi, promosi. Marketing mix ini merupakan inti daripada
sistem pemasaran oleh karena itu perusahaan harus dapat memperhitungkan
secara matang keputusan mengenai perencanaan kualitas produk, harga, saluran
distribusi dan promosi dalam rangka meningkatkan pemasarannyai.
Penelitian ini merupakan penelitian survey yang mana informasinya
dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan mengambil sampel dari suatu
populasi dengan populasi penelitian adalah seluruh konsumen pembeli karung
pada toko Karung Subur di Kecamatan Delanggu Kabupaten Klaten. Teknik
sampling yang digunakan adalah purposive sampling, yaitu teknik pengambilan
sampel berdasarkan dengan suatu pertimbangan tertentu dengan cara menentukan
terlebih dahulu kritera responden. Sebanyak 100 kuesioner dibagikan kepada
responden terpilih dan digunakan sebagai analisis stastistik.
Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel independen dan variabel
dependen. Variabel independen ini meliputi : harga, kualitas produk, distribusi,
promosi, sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian. Sebelum
penelitian dilakukan pengujian instrumen yaitu pengujian validitas dan reliabilitas
terhadap item-item variable penelitian. Hasil pengujian validitas diperoleh nilai
rhitung dari semua item variabel penelitian menunjukkan lebih besar dari nilai 0,05.
Sehingga kuesioner dari variabel-variabel tersebut valid dan dapat digunakan
untuk penelitian selanjutnya, begitu pula pada pengujian reliabilitas menunjukkan
nilai Alpha Cronbach lebih besar dari nilai 0,6, sehingga item-item tersebut sahih
sebagai instrument penelitian.
Hasil analisis dengan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa :
(1) Variabel produk, harga, distribusi, dan promosi secara simultan berpengaruh
secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Karung Subur,
Kabupaten Klaten; dan (2) produk, harga, distribusi, dan promosi secara parsial
berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Karung
Subur, Kabupaten Klaten.
Kata kunci : Harga, Kualitas Produk, Distribusi, Promosi, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:46
Last Modified: 30 Jan 2017 02:46
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11178

Actions (login required)

View Item View Item