KAJIAN POTENSI SUMBERDAYA ANDESIT DI DUSUN GRINDANG DESA HARGOMULYO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULONPROGO PROVINSI D.I.YOGYAKARTA

QISTAN HAFITS, MUHAMMAD (2017) KAJIAN POTENSI SUMBERDAYA ANDESIT DI DUSUN GRINDANG DESA HARGOMULYO KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULONPROGO PROVINSI D.I.YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Kulon Progo memiliki sumber daya andesit yang besar. Keterdapatan andesit di Kulon Progo tersebar di beberapa wilayah, salah satunya di Dusun Grindang, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Yogyakarta. Potensi andesit yang besar khususnya di lokasi penelitian belum dimanfaatkan secara maksimal oleh pemerintah daerah. Hal inilah yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian tentang kajian potensi andesit di Dusun Grindang. Kondisi morfologi di lokasi penelitian secara umum berupa pegunungan andesit curam dan vegetasinya didominasi oleh pohon sangon, pohon kelapa, dan pohon pinus. Lokasi penelitian secara administratif terletak di Dusun Grindang, Desa Hargomulyo, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY dan secara astronomis terletak pada koordinat UTM 395445 mE - 395998 mE and 9132811 mN - 9131969 mN. Luas area penelitian adalah 48,88 hektar. Kegiatan penelitian dimulai dengan melakukan observasi, yaitu mencari singkapan dan menentukan titik pengambilan sampel andesit serta pemetaan akses jalan dan di plotting peta topografi dengan menggunakan alat Global Positioning System (GPS). Hasil observasi digunakan untuk menentukan sebaran andesit serta batas area penelitian. Kemudian dilakukan pengambilan sampel untuk selanjutnya diuji di laboratorium. Pengujian dilakukan untuk mendapatkan parameterparameter guna menentukan kategori andesit untuk bahan bangunan. Berdasarkan hasil pengujian, didapatkan nilai bobot isi natural 2,59 gram/cm 3 , kadar air jenuh 1,48%, kuat tekan uniaksial 90,53 Mpa, dan nilai abrasi 40% sehingga dikategorikan untuk pondasi bangunan ringan, tonggak dan batu tepi jalan, penutup lantai/trotoar, serta batu hias atau batu tempel. Setelah itu, dilakukan perhitungan sumber daya andesit dengan metode contour dengan hasil volume sebesar 14.100.251,213 m 3 serta tonase sebesar 36.519.650,642 ton dan metode cross section dengan hasil volume sebesar 14.014.601,015 m 3 serta tonase sebesar 36.297.816,629 ton. Selanjutnya, dilakukan perhitungan nilai Location Quotient dari data Produk Domestik Regional Bruto didapatkan nilai LQ sebesar 2,44. Sumber daya andesit di lokasi penelitian diklasifikasikan sebagai Sumber Daya Tertunjuk dan berintrinsik ekonomis (ekonomis ke berpotensi ekonomis)dengan tingkat kelayakan studi geologi. Nilai LQ >1 artinya produksi andesit di lokasi penelitian telah mampu memenuhi kebutuhan konsumsi daerah dan berpotensi untuk diekspor. Namun, selama ini Kabupaten Kulon Progo masih mengandalkan sektor pertanian dan jasa sebagai komoditas utama. Padahal, pasar andesit akan terus eksis selama pembangunan berjalan. Selain itu, faktor kuantitas yang, kualitas, kesampaian daerah, serta sarana transportasi dan fasilitas yang baik menunjukkan bahwa andesit khususnya di lokasi penelitian berpotensi untuk dikembangkan (prospek).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 27 Jan 2017 02:53
Last Modified: 27 Jan 2017 02:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11141

Actions (login required)

View Item View Item