FaktorFaktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Anggraeni, Dita (2011) FaktorFaktor yang Mempengaruhi Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel yang diteliti adalah variabel independen yang meliputi Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Struktur Kepemilikan, Reputasi KAP dan variabel dependen yaitu Ketepatan Waktu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor faktor yang menentukan kedisiplinan atau kepatuhan perusahaan manufaktur dalam ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2007 sampai tahun 2009. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan model regresi logistik. Dengan model ini dapat dilihat pengaruh semua faktor yaitu Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Struktur Kepemilikan dan Reputasi KAP terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel independen yaitu Likuiditas, Umur Perusahaan, Reputasi KAP terbukti berpengaruh signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan, dan Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Struktur Kepemilikan tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap ketepatan waktu pelaporan keuangan. Kata kunci : Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Struktur kepemilikan dan Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 25 Jan 2017 04:11
Last Modified: 25 Jan 2017 04:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11069

Actions (login required)

View Item View Item