ANALISIS DESKRIPTIF REPRESENTASI NILAI-NILAI GAYA HIDUP PRIA METROSEKSUAL DI YOGYAKARTA

PUTRI, AJENG OCTAVIANA (2013) ANALISIS DESKRIPTIF REPRESENTASI NILAI-NILAI GAYA HIDUP PRIA METROSEKSUAL DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (5kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of FULL_SKRIPSI.pdf] Text
FULL_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

The background of this research is the emergence of the metrosexual phenomenon in Yogyakarta. Metrosexual is men neat, fragrant and always love himself (skripsiadi,2005:97). Behavior or activities that do have ther own representation that can be interpreted. Such behavior is also considered to lifestyle values espoused by the metrosexsual men. This is the purpose of reseacrh, to interpretation or represent the values of the metrosexual lifestyle. The research method used was a qualitative research method with analysts descriptive or exposuree value metrosexual lifestyle. Collection data techniques used were in-depth interviews, observation, and study the literature, test the validity of using triangulation of data sources. The result showed that there are values of the metrosexual men lifestyle is aesthetic value represented by the metrosexual way of taking care of himself, with diligent to the beauty center, consumer beauty product, and beauty clinics. Then the healthy value of the represented health of metrosexual men diligence visit to the gym or aerobics classes to keep his body in order to stay and good sixpack. Value of recognition that represented by metrosexual men like keep abreast of fashion trends and gadgets by the brand. Socialization values are represented by more joy, a metrosexual men doing affiliate motif in cafe. Lifestyle metrosexual men do can provide high confidence formulated. These values can be represented metrosexual lifestyle with his wish these guys get high social status that these men are willing to do anything to create the image attached with the man himself so that other will be easy to identify, prioritize who they are, and want to look like what they

Latar belakang dari penelitian ini adalah munculnya fenomena metroseksual di Yogyakarta. Metroseksual adalah pria yang wangi, rapi, dan sangat mencintai dirinya sendiri, serta tidak ragu lagi untuuk berdandan (Skripsiadi,2005:97). Perilaku atau akitivitas-aktivitas yang dilakukan memiliki representasi tersendiri yang dapat diartikan. Perilaku tersebut juga tergolong ke nilai-nilai gaya hidup yang dianut oleh pria metroseksual. Tujuan penelitian ini adalah mengartikan atau merepresentasikan nilai-nilai gaya hidup pria metroseksual. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif atau pemaparan yang memaparkan nilai gaya hidup metroseksual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalan wawancara mendalam, observasi, dan study pustaka, Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber . Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai gaya hidup pria metroseksual yaitu nilai estetika/keindahan yang direpresentasikan lewat cara metroseksual merawat dirinya, dengan rajin ke salon, konsumen produk kecantikan, dan pelanggan klinik kecantikan, lalu nilai kesehatan yang direpresentasikan dari rajinnya pria metroseksual berkunjung ke gym atau mengikuti kelas erobic untuk menjaga badannya agar tetap sixpack dan bagus. Nilai pengakuan/ penghargaan yang direpresentasikan lewat gemarnya pria metroseksual mengikuti perkembangan tren fashion dan gadget berdasarkan merk atau branded. Nilai Sosialisasi yang direpresentasikan lewat lebih sukanya seorang pria metroseksual melakukan motif afiliasi di cafe. Gaya hidup yang pria metroseksual lakukan dapat memberikan rasa percaya diri yang tinggi. Niali-nilai gaya hidup pria metroseksual dapat di representasikan dengan inginnya pria-pria ini mendapatkan status sosial yang tinggi sehingga pria-pria ini rela melakukan apapun agar tercipta image yang melekat dengan orang itu sendiri sehingga orang lain akan mudah untuk mengidentifikasi siapa mereka dan ingin terlihat apa mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Jan 2017 03:51
Last Modified: 05 Sep 2024 03:12
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11067

Actions (login required)

View Item View Item