“ANALISIS MANAJEMEN ISU PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN YOGYAKARTA DALAM ISU PENOLAKAN PELANGGAN PLN TERKAIT KENAIKAN TARIF DASAR LISTRIK 2013”

Pradita, Henryco (2013) “ANALISIS MANAJEMEN ISU PT PLN (PERSERO) AREA PELAYANAN DAN JARINGAN YOGYAKARTA DALAM ISU PENOLAKAN PELANGGAN PLN TERKAIT KENAIKAN TARIF DASAR LISTRIK 2013”. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Energi listrik merupakan energi yang selalu dibutuhkan oleh masyarakat di
Indonesia, masyarakat modern saat ini tidak dapat dipisahkan oleh energi listrik. PT
PLN APJ Yogyakarta adalah merupakan kantor cabang dari PT PLN (persero) yang
melayani segala kebutuhan energi listrik di wilayah provinsi DIY. Dengan adanya
kenaikan tarif dasar listrik 2013 mengakibatkan munculnya isu dari berbagai kalangan
sumber yang menolak adanya kenaikan tarif dasar listrik tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakan
PT PLN APJ Yogyakarta dalam mengatasi isu tersebut.Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan
studi pustaka.Bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen isu serta peran
Departemen Humas PT PLN APJ Yogyakarta dalam isu penolakan pelanggan PLN
terkait Kenaikan Tarif Dasar Listrik 2013dan membandingkannya dengan teori yang
digunakan.Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori public relations, isu,
dan manajemen isu.
PT PLN APJ Yogyakarta menangani isu penolakan pelanggan PLN terkait
Kenaikan Tarif Dasar Listrik 2013 secara proaktif, karena menganggap bahwa isu ini
tidak seperti isu lainnya. Dalam menangani isu, PLN APJ Yogyakarta memiliki cara
penanganan yang berbeda antara sumber isu yang satu dengan sumber isu yang lainnya.
Dengan strategi Q&A, PLN APJ Yogyakarta menangani isu melalui kerjasama antara
pemerintah dan kementerian ESDM untuk memberikan informasi seputar kenaikan tarif
dasar listrik dan merubah persepsi pelanggan mengenai kebijakan kenaikan tarif dasar
listrik terhadap PLN APJ Yogyakarta melalui media, baik media televisi, media cetak,
dan radio. Akan tetapi sampai sekarang ini PLN APJ Yogyakarta belum melakukan
tahap evaluasi, sehingga belum dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan yang
dilakukan PLN APJ Yogyakarta dalam menerapkan strategi Q&A untuk menangani isu
penolakan pelanggan PLN terkait Kenaikan Tarif Dasar Listrik 2013.
ABSTRACT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 25 Jan 2017 03:21
Last Modified: 06 Sep 2024 01:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11061

Actions (login required)

View Item View Item