STRATEGI MANAJEMEN SIARAN RADIO GLOBAL FM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR STASIUN RADIO SWASTA

RAHMAN, YANUAR (2012) STRATEGI MANAJEMEN SIARAN RADIO GLOBAL FM DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTAR STASIUN RADIO SWASTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ri.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Persaingan media massa dewasa ini semakin kompetitif untuk mendapatkan konsumen. Terutama persaingan antara stasiun radio swasta di Yogyakarta. GLOBAL FM sebagai “radio berita” mempunyai strategi-strategi tertentu dalam menghadapi ketatnya persaingan antar radio, seperti halnya radio yang mereka anggap menjadi kompetitor yang ada di Jogja. Persaingan yang terjadi dalam hal apapun, baik musik, program, stasiun, dan iklan untuk menarik perhatian khalayak dan minat pengiklan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi manajemen siaran yang diterapkan radio Global FM dalam menghadapi persaingan dengan radio lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif yang mencoba menguraikan bagaimana strategi manajemen siaran Radio Global FM mulai dari sumber daya manusia, sasaran pendengar, sampai pada implementasi terhadap program acara. Penulis melakukan pengamatan langsung pada objek penelitian dan melakukan wawancara mendalam dengan Direktur Utama, Manajer Produksi, Staf Pemberitaan, Staf Operator Penyiar, dan Pendengar. Data dianalisis secara kualitatif, disajikan dalam bentuk uraian dan disusun secara detail serta sistematis. Sumber data terdiri dari observasi, wawancara dan studi pustaka. Data tersebut diuji kebenarannya dengan menggunakan triangulasi data dan sumber. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah radio Global FM telah menerapkan suatu manajemen radio meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian serta didukung dengan sumber daya manusia yang handal dalam bidang broadcast. Melihat dari hasil penelitian tersebut radio Global FM harus tetap berusaha kreatif dan inovatif untuk menyelenggarakan kegiatan penyiaran baik off air maupun on air agar tetap berciri khas radio berita dan semakin mendapat tempat dibenak pendengar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 20 Jan 2017 07:00
Last Modified: 20 Jan 2017 07:00
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/11006

Actions (login required)

View Item View Item