Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Agata Abadi Bersama Tangerang

KARSONO, DJAROT (2011) Pengaruh Kesehatan dan Keselamatan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Agata Abadi Bersama Tangerang. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak Djarot Karsono.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

PT. Agata Abadi Bersama Tangerang merupakan perusahaan yang menghasilkan produk jasa boga berupa makanan dalam bentuk jasa katering. Dimana dalam proses produksinya terkait erat dengan pekerjaan yang mengandung risiko kecelakaan kerja. Upaya-upaya peningkatan produktivitas kerja dipengaruhi oleh banyak faktor antara lain adalah pendidikan, penghasilan, jaminan sosial kesempatan kerja. Selain itu jumlah produksi tidak akan dapat tercapai dengan efektif apabila tidak didukung dengan lingkungan kerja yang memuaskan di dalam perusahaan yang bersangkutan. Berdasarkan masalah tersebut dan melihat pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja maka penulis tertarik untuk meneliti pengaruh kesehatan dan keselamatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi pada PT. Agata Abadi Bersama Tangerang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh yang signifikan variabel-variabel kesehatan dan keselamatan kerja dengan produktivitas kerja karyawan bagian produksi PT. Agata Abadi Bersama Tangerang. 2) mengetahui variabel-variabel kesehatan dan keselamatan kerja berpengaruh secara parsial terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi PT. Agata Abadi Bersama Tangerang. Pengambilan data dilakukan pada bulan Oktober-November 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer dan sekunder. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis kuantitatif dengan regresi linier berganda melalui program SPSS versi 16. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan F hitung sebesar 23,035 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan secara serentak mesin dan peralatan, keadaan dan kondisi karyawan, lingkungan kerja, perlindungan karyawan, dan tempat kerja terhadap produktivitas kerja di PT. Agata Abadi Bersama Tangerang. Adanya nilai t hitung dengan taraf signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 dari masing-masing variabel berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara variabel-variabel mesin dan peralatan, keadaan dan kondisi karyawan, lingkungan kerja, perlindungan karyawan, dan tempat kerja terhadap produktivitas kerja di PT. Agata Abadi Bersama Tangerang. Kata kunci: kesehatan dan keselamatan kerja, mesin dan peralatan, keadaan dan kondisi karyawan, lingkungan kerja, perlindungan karyawan, tempat kerja, produktivitas kerja, regresi linier berganda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 20 Jan 2017 04:11
Last Modified: 20 Jan 2017 04:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10996

Actions (login required)

View Item View Item