PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS YANG DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA LBC CABANG KOTABARU YOGYAKARTA

EKA WINARTININGSIH, DIAN (2011) PENGARUH NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS YANG DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN PADA LBC CABANG KOTABARU YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of Abstrak1.pdf]
Preview
Text
Abstrak1.pdf

Download (8kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian yang paling pokok adalah bagaimana pengaruh nilai
pelanggan dan kepuasan terhadap Loyalitas, Apakah nilai pelanggan mempunyai
pengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan tanpa melalui kepuasan pada pelanggan
dan apakah nilai pelanggan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas
pelanggan melalui kepuasan pada pelanggan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh langsung nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan tanpa melalui kepuasan
pada Pelanggan London Beauty Centre (LBC) cabang Kotabaru. (2) Untuk mengetahui
dan menganalisis pengaruh tidak langsung nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan
melalui kepuasan pada Pelanggan London Beauty Centre (LBC) cabang Kotabaru.
Penelitian dilakukan pada klinik kecantikan London Beauty Centre (LBC)
dikawasan Kotabaru (Jl. Suroto 12), Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan pada bulan
November 2011. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer dan
skunder. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis
pelanggan London Beauty Centre (LBC) cabang Kotabaru.
Hasil pengujian hipotesis pertama ditemukan koefisien path (p3) pengaruh
langsung nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,499 (positif) dan
signifikan pada taraf signifikansi 0,05 (Sig.t = 0,000 < 0,05), yang berarti nilai pelanggan
berpengaruh langsung secara positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Semakin
tinggi nilai pelanggan maka semakin tinggi pula loyalitas pelanggan dan sebaliknya,
semakin rendah nilai pelanggan maka semakin rendah pula loyalitas pelanggan
konsumen.
Hasil pengujian hipotesis kedua ditemukan bahwa nilai pelanggan secara
signifikan mempunyai pengaruh tak langsung terhadap loyalitas pelanggan melalui
kepuasan dengan koefisien indirect effect (p1p2) sebesar 0,141 (positif) dan Zhitung =
2,678 > 1,96. Ini berarti kepuasan merupakan intervening positif antara nilai pelanggan
dan loyalitas pelanggan. Semakin tinggi nilai pelanggan yang dialami konsumen maka
semakin tinggi pula kepuasanya yang mana hal ini akan meningkatkan loyalitas
pelanggannya. Sebaliknya, semakin rendah nilai pelanggan maka semakin rendah pula
kepuasannya, yang mana hal ini akan menurunkan loyalitas pelanggan konsumen
tersebut.
Kata kunci: pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas yang dimediasi kepuasan
pelanggan pada LBC cabang kotabaru yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 19 Jan 2017 07:07
Last Modified: 19 Jan 2017 07:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10976

Actions (login required)

View Item View Item