APLIKASI DETEKSI DETAK JANTUNG MENGGUNAKAN UJUNG JARI DENGAN METODE PHOTOPLETHYSMOGRAPH DAN ROLLING AVERAG FILTER

Adelia, Fitri (2016) APLIKASI DETEKSI DETAK JANTUNG MENGGUNAKAN UJUNG JARI DENGAN METODE PHOTOPLETHYSMOGRAPH DAN ROLLING AVERAG FILTER. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Kesehatan adalah aset terpenting bagi manusia, tidak ada batasan umur untuk seseorang menjaga kesehatanya, baik sewaktu masih kanak-kanak, muda maupun menjelang hari tua. Mengatur pola hidup, sesorang akan memiliki tubuh yang jauh dari penyakit. Mengenali gejala penyakit sejak dini akan lebih baik dibandingkan seseorang yang terdeteksi penyakit dengan kondisi yang sudah parah. Seperti halnya penyakit jantung, jantung adalah organ tubuh yang sangat penting bagi manusia yaitu memompa darah ke seluruh tubuh dan membersihkan tubuh dari hasil metabolisme. Adanya informasi mengenai detak jantung sangat penting yaitu untuk pemantauan kesehatan dalam beraktifitas. Melihat masalah tersebut perlu adanya aplikasi yang memudahkan manusia untuk mendeteksi detak jantung permenit. Peneliti bermaksud membuat sebuah aplikasi berbasis mobile yang memudahkan manusia untuk memudahkan pengguna dalam mengetahui informasi detak jantung dan sebagai pengganti alat kardio jantung yang harganya relatif mahal. Pada penilitian ini menggunakan metode Prototyping dalam proses pembuatan perangkat lunak. Aplikasi ini akan menampilkan output berupa nilai dari perhitungan denyut jantung dengan satuan BPM dan menampilkan kesimpulan yang berupa kebugaran dari user dengan merujuk pada umur. Aplikasi berbasis Android ini dibangun menggunakan bahasa pemprograman java dengan database SQLite. Dalam pengembangan sistem menggunakan metode Photopletysmograph untuk mendapatkan objek maupun nilai citra dan Rolling Average Filter untuk memfilter hasil pergerakan nilai dari citra yang sudah di olah dengan memanfaatkan teknologi Mobile Applications dalam menentukan platform. Dari hasil analisis dan perancangan telah berhasil dibangun sebuah Aplikasi Deteksi Detak Jantung Menggunakan Ujung jari dengan Metode Photopletysmograph dan Rolling Average Filter yang bersifat informatif, efektif, dan akurat untuk membantu user dalam menghitung detak jantung dengan satuan BPM. Kata kunci: Kesehatan jantung, Prototyping, Photopletysmograph, Rolling Average Filter, SQLite.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 18 Jan 2017 04:11
Last Modified: 18 Jan 2017 04:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10907

Actions (login required)

View Item View Item