PERANCANGAN ALAT PEMBUAT CRIPING PISANG GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS (Studi Kasus pada Home Industri Pembuatan Criping Pisang di Sendangtirto Sleman, Yogyakarta)

Yudistira, Angga Purwa (2012) PERANCANGAN ALAT PEMBUAT CRIPING PISANG GUNA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS (Studi Kasus pada Home Industri Pembuatan Criping Pisang di Sendangtirto Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Abstrak Sebelumnya dalam pembuatan criping masih menggunakan alat tradisional, tetapi dengan adanya perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, maka pemotong bahan criping sebaiknya menggunakan alat yang dapat memudahkan pekerja pemotong pisang, sehingga tenaga pekerja tidak banyak yang dikeluarkan. Dalam pemakaian alat ini energi yang dikeluarkan pemotong bahan criping terlalu berat serta potongan yang dihasilkan kurang banyak dan kurang bagus, sehingga perlu adanya perancangan baru. Tetapi diharapkan dengan adanya perancangan alat pemotong pisang, maka hasil irisannya lebih bagus serta tidak banyak melibatkan tenaga manusia, potongan yang diperoleh lebih banyak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara mengukur antropometri pekerja, mengamati denyut nadi sebelum dan sesudah perancangan alat untuk tiap-tiap pekerja pemotong pisang dengan merancang alat sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Hasil perancangan alat pemotong pisang berdasarkan antropometri didapatkan ukuran tinggi alat 97 cm, dengan lebar meja 70,4 cm, panjang pegangan untuk memotong 10 cm. Sedangkan konsumsi energi sebelum perancangan alat (alat manual) 1,0781 kkal/menit dan sesudah perancangan sebesar 0,9174, dan mengalami penurunan sebesar 0,1608 kkal/menit. Adapun produktivitas sebelum perancangan sebesar 6,43%, sedangkan sesudah perancangan bertambah sebesar 10,7%, sehingga ada peningkatan produktivitas sebesar 4,27%. Kata kunci : Perancangan, Criping Pisang, Produktivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 12 Jan 2017 02:57
Last Modified: 12 Jan 2017 02:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10807

Actions (login required)

View Item View Item