SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA JURUSAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE Analytical Hierarchy Process(AHP)

Pristianto, Todhi (2011) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MEMILIH PERGURUAN TINGGI SWASTA JURUSAN KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE Analytical Hierarchy Process(AHP). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Todhi Pristianto.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Analytical Hierarchy Process (AHP) merupakan suatu model pendukung keputusan yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty. Model pendukung keputusan ini akan menguraikan masalah multi faktor atau multi kriteria yang kompleks menjadi suatu hirarki, menurut Saaty (1993), hirarki didefinisikan sebagai suatu representasi dari sebuah permasalahan yang kompleks dalam suatu struktur multi level dimana level pertama adalah tujuan, yang diikuti level faktor, kriteria, sub kriteria, dan seterusnya ke bawah hingga level terakhir dari alternatif. Dengan hirarki, suatu masalah yang kompleks dapat diuraikan ke dalam kelompok-kelompoknya yang kemudian diatur menjadi suatu bentuk hirarki sehingga permasalahan akan tampak lebih terstruktur dan sistematis. Pada Skripsi ini telah dapat dibuat sebuah sistem pendukung keputusan memilih perguruan tinggi swasta jurusan komputer menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metodologi yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan perangkat lunak ini adalah Waterfall. Perangkat lunak ini dibuat dengan menggunakan pemrograman PHP dan MySQL. Sistem pendukung keputusan memilih perguruan tinggi swasta jurusan komputer menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) ini dapat menghasilkan 3 alternatif terbaik dari 10 alternatif pilihan perguruan tinggi swasta yang ada di Yogyakarta, dengan kriteria berupa peminat, biaya , fasilitas hobi, rasio komputer-mahasiswa dan kesejahteraan alumni.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 11 Jan 2017 01:43
Last Modified: 11 Jan 2017 01:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10764

Actions (login required)

View Item View Item