Dwi Prasetyo, Danang (2011) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE SWOT DAN AHP (Studi Kasus di PT. MONDRIAN, Klaten). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Abstract.pdf Download (39kB) | Preview |
Abstract
PT. Mondrian merupakan salah satu industri konveksi garmen yang ada di
Indonesia. Produk unggulan PT. Mondrian yaitu produk dengan merk Dadung.
Produk Dadung pernah booming di pasaran pada tahun 1990-an akhir sampai
tahun 2000-an awal. Namun saat ini produk Dadung tidak lagi booming seperti
dulu. Oleh karena itu perlu dilakukan cara untuk meningkatkan kembali image
produk Dadung di pasaran. Hal ini dilakukan supaya produk Dadung dapat
bersaing dengan produk sejenis lainnya yang sedang populer. Cara yang akan
dilakukan adalah terlebih dahulu melihat posisi produk Dadung di pasaran dan
setelah itu menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk produk Dadung.
Posisi produk Dadung dapat dilihat menggunakan metode SWOT.
Kemudian setelah mendapatkan posisi produk, akan terlihat strategi yang cocok
bagi produk Dadung. Strategi ini memiliki beberapa alternatif yang nantinya akan
dipilih salah satu dari alternatif strategi itu dengan metode AHP. Alternatif strategi
yang dipilih dijadikan sebagai strategi pemasaran yang tepat bagi produk Dadung.
Hasil perhitungan metode SWOT menunjukkan bahwa produk Dadung
berada pada posisi Kuadran IV. Berdasarkan posisi produk, strategi yang cocok
untuk produk Dadung adalah Strategi Diversifikasi. Hasil perhitungan metode
AHP menunjukkan bahwa kriteria Biaya Counter/Outlet merupakan kriteria yang
sangat berpengaruh pada strategi pemasaran dengan nilai bobot sebesar 0.157.
Alternatif dari strategi diversifikasi adalah Strategi Diversifikasi Konsentris,
Strategi Diversifikasi Horizontal, dan Strategi Diversifikasi Konglomerat. Hasil
pemilihan alternatif menunjukkan bahwa strategi yang tepat bagi produk Dadung
adalah Strategi Diversifikasi Konsentris dengan nilai bobot sebesar 0.394. Strategi
Diversifikasi Konsentris adalah strategi menambah produk baru yang
berhubungan dengan produk yang telah ada dalam hal teknologi maupun
distribusinya dan ditujukan kepada konsumen saat ini atau yang telah ada.
Kata kunci: Posisi produk, strategi pemasaran, SWOT, Strategi Diversifikasi,
AHP
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Muji Isambina |
Date Deposited: | 10 Jan 2017 06:36 |
Last Modified: | 10 Jan 2017 06:36 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10740 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |