ESTIMASI SUMBERDAYA BATUGAMPING DENGAN RESISTIVITY 2D (WENNER-SCHLUMBERGER) PT. DEWATA SARI PRIMA TEPUS, GUNUNGKIDUL DIY

BUSTAM, ADY MAULANA (2017) ESTIMASI SUMBERDAYA BATUGAMPING DENGAN RESISTIVITY 2D (WENNER-SCHLUMBERGER) PT. DEWATA SARI PRIMA TEPUS, GUNUNGKIDUL DIY. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3.COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.lembar pengesahan.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN PT. Dewata Sari Prima yang salah satu usahanya bergerak dibidang pertambangan akan melakukan kegiatan penambangan batugamping pada lahan seluas ± 5 Ha. PT. Dewata Sari Prima terletak di Gunungkidul, tepatnya di Desa Sumberwungu, Kecamatan Tepus, Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian yang dilaksanakan di PT. Dewata Sari Prima bertujuan untuk Menganalisis gambar penampang tahanan jenis 2 Dimensi, mendisain bentuk penampang 3 Dimensi sumberdaya batugamping berdasarkan data Geolistrik 2D, Menghitung kuantitas sumberdaya batugamping berdasarkan data Geolistrik 2D. Salah satu cara untuk mengetahuinya adalah dengan menggunakan Geofisika. Geofisika merupakan salah satu ilmu yang mempelajari tentang penerapan kaidah - kaidah hukum fisika ke bumi. Salah satu metode dari geofisika adalah Geolistrik, yaitu dengan mengalirkan arus listrik ke bumi kemudian membaca perbedaan potensialnya dimana bumi berperan sebagai tahanan, nantinya dari data arus dan perbedaan potensial kemudian diolah dan didapatkan data tahanan jenis. Dari data tahanan jenislah sumberdaya dan jenis lapisan dapat diketahui. Pada penelitian ini digunakan metode geolistrik yaitu resistivity 2D dengan konfigurasi Wenner-Schlamburger. Pengukuran yang dilakukan adalah metode Resistivity 2D, pengukuran ini akan memberikan hasil pengukuran berupa penampang Resistivity (ρ), dengan indikasi batugamping line 1 terlihat memanjang pada line 7. Korelasi line 1, line 5 dan line 6 menunjukkan indikasi batugamping diline 6 merupakan lembah dan puncaknya terletak pada line 1 dan line 5. Hasil pengukuran geolistrik (2D) PT. Dewata Sari Prima menggunakan aplikasi Oasis Montaj, didapatkan bentuk penampang 3D dan nilai sumberdaya tereka sebesar 749.850m3.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 10 Jan 2017 03:27
Last Modified: 10 Jan 2017 03:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10707

Actions (login required)

View Item View Item