ANALISIS PRODUKSI DAN EFISIENSI USAHATANI BUNCIS PERANCIS (Phaseolus vulgaris L) DENGAN PENERAPAN SEKOLAH LAPANGAN GOOD AGRICULTURE PRACTICES (SLGAP) (Studi Kasus Di Gapoktan Tranggulasi Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang)

SUTARDI, SUTARDI (2016) ANALISIS PRODUKSI DAN EFISIENSI USAHATANI BUNCIS PERANCIS (Phaseolus vulgaris L) DENGAN PENERAPAN SEKOLAH LAPANGAN GOOD AGRICULTURE PRACTICES (SLGAP) (Studi Kasus Di Gapoktan Tranggulasi Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang). Masters thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL JUDUL TESIS.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HAL PENGS & DAFTAR ISI TESIS REVISI 2.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menganalisis faktor-faktor produksi yang mempengaruhi produksi pada usahatani buncis perancis, (2) Menganalisis tingkat efisiensi penggunaan input dan, (3) menganalisis keuntungan usahatani buncis perancis dengan penerapan SL-GAP di Gapoktan Tranggulasi Desa Batur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif dari studi kasus dengan jenis data primer dikumpulkan melalui sensus dan data sekunder melalui studi literatur. Faktor-faktor produksi yang dianalisis yaitu luas lahan, benih, bokhasi, pupuk cair, pestisida, mulsa dan tenaga kerja. Metode analisis menggunakan fungsi produksi Coob-Douglass. Analisis faktor-faktor produksi yang berpengaruh nyata pada produksi buncis perancis secara parsial dianalisis dengan uji t. Untuk mengetahui efisiensi usahatani dengan analisis nilai produk marginal (NPM)dan untuk mengetahui keuntungan petani menggunakan analisis keuntungan. Hasil yang diperoleh yaitu faktor produksi yang berpengaruh terhadap produksi usahatani buncis perancis adalah benih dan bokhasi. Penggunaan input faktor produksi benih dan bokhasi belum efisien. Usahatani buncis perancis dengan penerapan SL-GAP di Gapoktan Tranggulasi Desa Batur menguntungkan. Kata kunci : produksi, efisiensi, keuntungan, buncis perancis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Biological Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 09 Jan 2017 06:52
Last Modified: 09 Jan 2017 06:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10665

Actions (login required)

View Item View Item