ANALISA FINANSIAL PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (Studi Kasus: Lembaga Rumah Pintar Brainy - Balikpapan)

Donarika, Donarika (2012) ANALISA FINANSIAL PADA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR (Studi Kasus: Lembaga Rumah Pintar Brainy - Balikpapan). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstraksi DONARIKA.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

Lembaga bimbingan belajar merupakan salah satu usaha unggulan di Balikpapan karena mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya anak usia belajar. Selain itu Lembaga bimbingan belajar mempunyai nilai positif bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia Sekarang ini Lembaga bimbingan belajar ada yang dikelola secara sederhana namun juga ada yang dikelola mengikuti manajemen semi modern, tetapi belum mampu memenuhi permintaan yang terus meningkat. Meningkatnya permintaan akan mutu dari Lembaga bimbingan belajar disebabkan karena Balikpapan merupakan daerah industri yang memerlukan SDM dalam jumlah yang besar. Dengan meningkatnya kebutuhan akan SDM, membuka peluang pasar yang luas untuk pengembangannya. Dalam kaitanya ini, lembaga bimbingan belajar perlu mengetahui analisa teknis dan analisa finansial. Analisa finansial, rencana ditinjau dari segi cash flow, yakni perbandingan antara hasil penjualan kotor (gross sales) dan jumlah biaya (total cost). Apabila menunjukan adanya keuntungan (net benefit positif), maka rencana investasi tersebut dapat dilanjutkan, dan sebalikanya apabila net benefit negative atau terjadi kerugian, maka rencana investasi tersebut tidak dapat dilanjutkan. Berdasarkan hal ini pengusaha lembaga bimbingan belajar memerlukan analisis finansial agar bisa memaksimalkan kemampuan untuk mencapai tujuan dengan mengetahui tingkat keuntungan usaha ini dalam kaitanya terhadap pembayaran yang tepat untuk mengetahui tingkat kelayakan usaha ini, untuk mengetahui dan menghindarkan keterlanjutan investasi pada usaha yang tidak menguntungkan. Berdasarkan pada pembahasan yang telah dilakukan sebelumnya dapat disimpulkan bahwa Penilaian Investasi Metode Net Present Value lembaga pendidikan ini ternyata memiliki nilai yang positif yaitu sebesar Rp 1,301,201,754 (NPV>0). Dengan demikian maka lembaga pendidikan ini dapat disimpulkan layak dipertimbangkan. Berdasarkan perhitungan di atas. IRR lebih besar dari tingkat bunga yang disyaratkan, yakni 19% > 16,48 %, maka lembaga pendidikan ini dinyatakan layak. Penilaian investasi dalam hal ini dapat di lihat pada nilai NPV sebesar Rp 1,301,201,754 (NPV>0), IRR sebesar 19%, dan PP selama 3 tahun (lebih kecil dari umur proyek yang ditetapkan 10 tahun), dikatakan proyek layak dipertimbangkan untuk dilaksanakan. Kata kunci: Net Present Value, Iinternal Rate of Return, Payback Period

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 09 Jan 2017 04:34
Last Modified: 09 Jan 2017 04:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10651

Actions (login required)

View Item View Item