ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Ende, Nusa Tenggara Timur)

FAUZIAH KASAD FATTA, SITI (2012) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN POTENTIAL GAIN IN CUSTOMER VALUE (Studi Kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Ende, Nusa Tenggara Timur). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrack.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat menyebabkan rumah sakit sebagai industri jasa saling bersaing dalam meningkatkan kualitas pelayanan untuk memberikan kepuasan kepada konsumennya. Adanya persaingan antara rumah sakit tersebut maka diperlukan usaha dari pemberi jasa untuk memenuhi apa yang menjadi harapan konsumen sehingga konsumen memperoleh kepuasan atas pelayanan yang diberikan rumah sakit. Penggunaan metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode Potential Gain In Customer Value (PGCV) dapat memberikan suatu pengukuran tingkat kepentingan atau harapan pasien terhadap kinerja yang diberikan rumah sakit Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende yang menjadi prioritas demi memuaskan pelanggan. Setelah mengadakan penelitian dari 27 atribut valid yang ditanyakan kepada pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende, terdapat delapan atribut yang membutuhkan perhatian lebih dari pihak rumah sakit, sehingga menjadi prioritas perbaikan. Atribut pertama yaitu fasilitas alat yang diberikan (Tingkat Kesesuaian=79.01%) dan indeks Potential Gain In Customer Value (PGCV=6.81). Kedua kebersihan, keindahan, dan kenyamanan rumah sakit (TK=81,07%) dan indeks PGCV=6.42. Ketiga fasilitas kamar yang tersedia dan yang diberikan (TK=80,08%), dan indeks PGCV=5.93. Keempat dokter/perawat selalu ada ditempat tugasnya jika diperlukan (TK=84,36%), dan indeks PGCV=5.82. Kelima lokasi rumah sakit strategis (TK=84,77%), dan indeks PGCV=5.73. Keenam prosedur penerimaan pasien yang cepat (TK=85,12%), dan indeks PGCV=5.7. Ketujuh karyawan melakukan komunikasi yang efektif dengan pasien. (TK=85,48%), dan indeks PGCV=5.68. kedelapan kemudahan mencari informasi yang dibutuhkan pasien berkaitan dengan rencana pengobatan (TK=86,25%) dan indeks PGCV=5.58 Keyword : Kualitas pelayanan, Important Performance Analysis (IPA), Tingkat Kesesuaian, Potential Gain in Customer Value (PGCV).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 06 Jan 2017 03:55
Last Modified: 06 Jan 2017 03:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10574

Actions (login required)

View Item View Item