SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK MONITORING INVENTARIS dan SDM SEKOLAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli)

GEDE ADITYA PERMANA, DEWA (2012) SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS WEB UNTUK MONITORING INVENTARIS dan SDM SEKOLAH (Studi Kasus Pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangli). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

DISDIKPORA (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga) Kabupaten Bangli merupakan sebuah instansi pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan yang menaungi seluruh sekolah yang berstatus negeri di Kabupaten Bangli. Setiap sekolah memperoleh inventaris pendukung proses belajar mengajar dari DISDIKPORA. Dalam implementasinya DISDIKPORA masih belum efektif dalam melakukan penyebaran sarana prasarana sekolah maupun SDM (Siswa, Guru, dan Pegawai) secara merata. Metode pengumpulan data dari masing-masing sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai ke jenjang SMA/SMK masih dilakukan secara manual, sehingga membutuhkan waktu, tenaga dan biaya yang banyak sehingga kurang efisien. Oleh karena itu melalui perancangan dan pembuatan SIG Berbasis Web Untuk Monitoring Inventaris dan SDM Sekolah ini dapat membantu DISDIKPORA Kabupaten Bangli dalam mengelola data direktori dan inventaris beserta SDM masing-masing sekolah di Kabupaten Bangli. Sistem ini dapat mengolah data inventaris dan SDM serta melakukan pencarian direktori sekolahsekolah yang ada di Kabupaten Bangli dalam tampilan peta, daripada DISDIKPORA harus terjun langsung ke lapangan untuk memantau sekolah yang mengalami kekurangan inventaris penunjang kegiatan belajar mengajar. Metodologi yang digunakan dalam pembuatan sistem ini adalah metodologi Waterfall. Tool yang digunakan untuk membangun aplikasi ini adalah Dreamweaver 8, menggunakan bahasa pemrograman PHP (Pear Hypertext Preprocessor), dengan pemetaannya menggunakan teknologi Google Maps API dan MySQL sebagai database server. Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Monitoring Inventaris dan SDM Sekolah ini merupakan sistem yang memberikan informasi kepada pihak dinas guna memudahkan pemantauan terhadap inventaris dan SDM sekolah sehingga distribusi inventaris dan SDM dapat berjalan secara efektif dan efisien. Sistem ini juga memberikan informasi kepada masyarakat mengenai lokasi sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Bangli beserta informasi pendukungnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 06 Jan 2017 03:31
Last Modified: 06 Jan 2017 03:31
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10561

Actions (login required)

View Item View Item