Sistem Distribusi Data dengan Web Service untuk Distributor Obat Hewan dan Peralatan Kedokteran Hewan Area Jambi (Studi Kasus di Asparagus Vet Pharm & Equipment Jambi)

Anthra Yudha, Achmad (2012) Sistem Distribusi Data dengan Web Service untuk Distributor Obat Hewan dan Peralatan Kedokteran Hewan Area Jambi (Studi Kasus di Asparagus Vet Pharm & Equipment Jambi). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Distributor obat hewan dan peralatan kedokteran hewan area Jambi, memiliki beberapa depo atau kantor cabang distributor seperti di Kab.Tanajung Jabung Timur dan Kab.Tanjung Jabunng Barat. Kedua depo tersebut berperan sebagai sub gudang untuk para sales dalam mendistribusikan obat ke Dinas Peternakan Kabupaten, peternak dan pengecer sesuai dengan areanya masing-masing. Depo akan memberikan laporan keluar masuknya obat dan peralatan kedokteran hewan dari masing-masing depo ke gudang di Jambi setiap kali ada transaksi di depo. Gudang akan merekap data tersebut dan mensinkronkan dengan data keluar masuknya obat dan peralatan kedokteran hewan dari gudang. Hasil rekap tersebut dilaporkan ke bagian manajemen dan pimpinan. Saat ini baik di depo ataupun gudang, perekapan laporan keluar masuk barang masih dilakukan secara manual, sehingga memakan waktu yang lama. Untuk pengiriman laporan transaksi dari depo ke gudang masih menggunakan email atau sms. Oleh karena itu, masing-masing depo akan dilengkapi dengan sistem inventory untuk menampung data transaksi keluar masuknya barang dari gudang ke depo dan dari depo ke sales berbasis web dengan MySQL Database Server sebagai tempat penyimpanan data. Sistem inventory untuk gudang pusat juga berbasis web dengan SQL Server sebagai tempat penyimpanan datanya. Perbedaan tempat penyimpanan data ini tentunya menjadi kendala karena data tidak dapat langsung didistribusikan baik dari MySQL ke SQL Server maupun sebaliknya. Agar aplikasi yang ada di masing-masing depo dapat terhubung dengan aplikasi yang ada digudang, proses distribusi data dari depo ke pusat menjadi cepat dan proses rekapitulasi stok obat hewan dan peralatan kedokteran hewan lebih efektif dan efisien, maka digunakan sistem terdistribusi data dengan Web Service. Melalui sistem ini, sistem inventory gudang dan sistem inventory depo dapat saling terhubung melalui web service, masing-masing sistem inventory mampu merekap data laporan keluar masuk barang, sistem inventory depo dapat mengirim laporan barang keluar ke gudang, sistem mampu mengubah, menambah dan menghapus data kategori dan barang yang ada di gudang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 06 Jan 2017 03:28
Last Modified: 06 Jan 2017 03:28
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10559

Actions (login required)

View Item View Item