GEOLOGI DAN KARAKTERISTIK GERAKAN TANAH DAERAH KALIREJO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO,DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

MAULANA SIDIQ, IRFA (2017) GEOLOGI DAN KARAKTERISTIK GERAKAN TANAH DAERAH KALIREJO DAN SEKITARNYA, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO,DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover 2.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Lokasi daerah penelitian berada di daerah Kalirejo dan sekitarnya, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, daerah Istimewa Yogyakarta. Secara geografis daerah penelitian terletak pada koordinat UTM (Universal Transverse Mecrator) Zona 49 Easthern 397000 mE – 402000 mE dan 9131000 mE – 9136000 mE. Luas daerah penelitian yaitu 25 km 2 (5 km x 5 km) dengan skala 1 : 25.000. Berdasarkan aspek – aspek geomorfologi yang meliputi litologi, struktur geologi, morfologi yang berstadia muda – dewasa, serta pengamatan di lapangan maka daerah penelitian dibagi menjadi 5 bentuklahan, yaitu : kerucut parasiter berlereng curam (V1), perbukitan vulkanik berlereng curam – agak curam (V2), lereng vulkanik berlereng agak curam – miring (V3), dataran vulkanik (V4), antropogenik waduk (H1). Pola pengaliran dasar yang berkembang adalah Paralel dan Radial. Stratigrafi daerah penelitian di bagi menjadi 4 satuan litostratigrafi tidak resmi dengan urutan dari tua ke muda adalah Satuan lava-andesit kaligesing (Oligosen – Miosen Awal), Satuan breksi piroklastik Kaligesing (Oligosen – Miosen Awal), litodem intrusi andesi (Miosen Awal), Endapan aluvial (Resen). Struktur geologi yang berkembang di daerah penelitian terdiri dari kekar dan sesar mendatar. Sesar mendatar berupa sesar mendatar Hargorejo 1, sesar mendatar hargorejo 2, sesar mendatar Hargorejo 3, sesar mendatar kalirejo 1, sesar mendatar Kalirejo 2. Potensi geologi positif yang ada pada daerah penelitian adalah pemanfaatan bahan galian logam berupa emas, dan bahan galian batu andesit. Potensi geologi negatif pada daerah penelitian adalah gerakan tanah. Jenis gerakan tanah yang dijumpai pada daerah penelitian yaitu Debris slide, Debris fall.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QE Geology
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 05 Jan 2017 04:54
Last Modified: 05 Jan 2017 04:54
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10501

Actions (login required)

View Item View Item