TSANIA, YANARIA NALURITA APKAFA (2017) ANALISIS PERAN HUMAS RUMAH SAKIT UMUM QUEEN LATIFA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN CITRA BALAI PENGOBATAN DAN RUMAH BERSALIN MENJADI RUMAH SAKIT UMUM BAGI SEMUA MASYARAKAT. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
Cover.pdf Download (247kB) | Preview |
Preview |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (265kB) | Preview |
Preview |
Text
Abstrak.pdf Download (157kB) | Preview |
Preview |
Text
Abstract.pdf Download (136kB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar Isi.pdf Download (163kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
RSU Queen Latifa berawal dari Balai Pengobatan dan Rumah Bersalin
(BPRB) berkembang menjadi Rumah Sakit Umum, menggunakan peran Humas
untuk meningkatkan citranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran
Humas RSU Queen Latifa dalam meningkatkan citra BPRB menjadi Rumah Sakit
Umum bagi semua masyarakat serta apa saja faktor pendukung dan faktor
penghambat dalam pelaksanaan program kerja Humas. Metode penelitian yang
digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Penulis menggunakan teori Compliance
Gaining dan Teori Manusiawi Elton Mayo. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa
peran Humas RSU Queen Latifa dalam meningkatkan citra BPRB menjadi Rumah
Sakit Umum bagi semua masyarakat sudah cukup baik. Peran sebagai fasilitator
komunikasi dan teknisi komunikasi sudah cukup baik, namun peran sebagai
‘seorang ahli’ dan fasilitator proses pemecah masalah belum dilaksanakan dengan
maksimal. Adanya teamwork serta rasa kekeluargaan yang erat menjadi faktor
pendukung, sedangkan kurangnya tenaga medis dalam pelaksanaan program
eksternal Humas dan masalah pendanaan produksi yang sering terlambat menjadi
faktor penghambat pelaksanaan program kerja Humas. Dapat dikatakan, Unit
Humas & Marketing serta Manajemen belum sepenuhnya memahami tugas dan
fungsi Humas. Dengan mengadakan pelatihan atau mendatangkan konsultan
public relations perlu dilakukan untuk menambah pengetahuan dan pemahaman.
Unit Humas & Marketing serta Manajemen RSU Queen Latifa juga perlu
meningkatkan faktor pendukung dan mengatasi faktor penghambatnya demi
efektifitas dan efisiensi serta kualitas Unit Humas & Marketing. Karena tidak
hanya pemasaran dan penjualan saja, meningkatkan citra positif secara otomatis
juga dapat meningkatkan jumlah konsumen.
Kata kunci : Peran Humas, Citra, RSU Queen Latifa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Sarimin Sarimin |
Date Deposited: | 04 Jan 2017 03:39 |
Last Modified: | 04 Jan 2017 03:39 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10436 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |