PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK DAN ANORGANIK TERHADAP KUALITAS TANAH PADA SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO PADI VARIETAS BESTARI

SAPUTRA, APRIAN BISMA DWI (2017) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK DAN ANORGANIK TERHADAP KUALITAS TANAH PADA SISTEM TANAM JAJAR LEGOWO PADI VARIETAS BESTARI. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kualitas tanah yang diberi pupuk organik dan anorganik pada sistem tanam jajar legowo padi varietas Bestari. Penelitian dilakukan pada bulan April sampai bulan Juli 2016 di Desa Sentono, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial dengan dua faktor yaitu sistem jajar legowo dan dosis pupuk. Masing-masing faktor terdiri dari tiga aras yaitu: P1 adalah dosis rekomendasi berupa aplikasi pupuk kimia yaitu phonska 200 kg/ha, P2 adalah 50% pupuk phonska dosis rekomendasi ditambah dengan 10 ton/ha pupuk kandang sapi yang ditambah formulasi IMR52 dari BATAN, P3 adalah 50% pupuk phonska dosis rekomendasi ditambah dengan 10 ton/ha pupuk kompos organik produk Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta. Faktor kedua adalah sebagai sistem tanam jajar legowo yaitu: J1 adalah sistem tanam jajar legowo 2:1, J2 adalah sistem tanam jajar legowo 3:1, J3 adalah sistem tanam jajar legowo 4:1. Setiap perlakuan diulang 3 kali, sehingga terdapat 27 petak percobaan dengan masing-masing petak percobaan seluas 4 m x 4 m. Parameter pengamatan meliputi jeluk perakaran, BV, BJ, porositas tanah, C-organik, debu+lempung, pH, P-tersedia, N-tersedia dan N-total. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan pupuk dan jajar legowo saling berinteraksi memberikan pengaruh yang nyata terhadap kadar P-tersedia, BJ dan pH tanah. Berdasarkan penilaian indeks kualitas tanah diketahui bahwa perlakuan P3 dan J2 masing-masing memberikan perbaikan kualitas tanah yang tertinggi. Kata Kunci : kualitas tanah, padi varietas bestari, jajar legowo, pupuk organik dan anorganik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 04 Jan 2017 03:30
Last Modified: 04 Jan 2017 03:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10434

Actions (login required)

View Item View Item