APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA BALI MENGGUNAKAN FLASH

Setyadharma, I Putu Agus Wira (2013) APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA BALI MENGGUNAKAN FLASH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Bahasa Bali merupakan bahasa daerah yang pada zaman dahulu digunakan sehari – hari oleh masyarakat bali pada khususnya. Meskipun berasal dari Bali, tentu saja masih banyak masyarakat yang tidak mengerti cara menggunakan bahasa Bali yang baik dan benar. Walaupun ada di daerah Indonesia yang bahasanya menyerupai bahasa Bali, tapi masih banyak perbedaan arti, tulisan maupun pengucapannya. Melihat perkembangan bahasa di Indonesia di era sekarang ini, begitu banyak bahasa yang sudah masuk, bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa Nasional, dan sebagian besar generasi muda di Bali menggunakan bahasa Nasional untuk berkomunikasi dalam keseharian mereka. Pernyataan ini menjadi salah satu masalah kenapa generasi muda sulit untuk menghadapi pelajaran –pelajaran bahasa Bali di tingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah atas. Padahal bahasa Bali adalah bahasa daerah yang seharusnya dipahami dan dimengerti sejak dini. Pada skripsi ini akan dibuat aplikasi berbasis multimedia untuk pembelajaran bahasa Bali yang dapat membantu masyarakat memahami bahasa Bali. Metodelogi yang digunakan dalam perancangan dan pembuatan aplikasi ini adalah metodelogi pengembangan multimedia yang terdiri dari 6 tahap yaitu tahap concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Software yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini adalah Adobe Flash CS5 dengan bahasa pemograman actionscript 2.0. Dalam aplikasi ini terdiri dari 2 pokok pembahasan yaitu aksara bali dan cara pengucapannya. Aplikasi ini menampilkan kata –kata dengan bahasa Indonesia berikut terjemahannya kedalam bahasa Bali sekaligus dengan pengucapannya. Aplikasi ini ditujukan kepada anak – anak yang akan mempermudah mereka menghafal dan mempelajari bahasa Bali.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 29 Dec 2016 02:18
Last Modified: 29 Dec 2016 02:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10293

Actions (login required)

View Item View Item