APLIKASI KETERAMPILAN BERPIKIR UNTUK ANAK BERBASIS MULTIMEDIA

Pambogo, Putut Adi (2013) APLIKASI KETERAMPILAN BERPIKIR UNTUK ANAK BERBASIS MULTIMEDIA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of abstrak skripsi.pdf]
Preview
Text
abstrak skripsi.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pembelajaran ketrampilan bagi anak usia dini pada dasarnya adalah sebuah upaya
menanamkan beberapa kompetensi dasar kepada anak agar ketika dewasa kelak tidak lagi
memiliki ketergantungan dengan orang di sekitarnya, sehingga ia sendiri mampu
mengerjakannya tanpa bantuan orang lain. Hal-hal yang terkait dengan ketrampilan berfikir
sosial-emosional, fisik-motorik, ketrampilan berbahasa, maupun ketrampilan berkesenian anak.
Dengan demikian, sejak dini anak perlu diperkenalkan dan ditanami bekal-bekal ketrampilan
yang dibutuhkannya. Thinking Skill ( Keterampilan Berpikir ) sangat diperlukan untuk anak
karena dengan keterampilan tersebut anak dapat melakukan pola-pola tingkah laku yang
kompleks dan tersusun rapi secara mulus dan sesuai dengan keadaan untuk mencapai hasil
tertentu. Dalam kenyataannya minat belajar anak saat proses belajar mengajar sedang
berlangsung belum optimal. Proses pembelajaran yang terjadi saat ini yaitu bermain sambil
belajar seraya belajar sambil bermain. Karena bermain adalah realisasi dari perkembangan diri
dari kehidupan anak dapat tumbuh dan berkembang melalui berbagai kegiatan yang dilakukan
anak pada waktu bermain dan melalui pengalaman anak dapat mengembangkan potensi–potensi
yang dimilikinya melalui bermain. Untuk meningkatkan minat belajar anak usia dini agar
kemampuan dan prestasi belajar meningkat, penulis tertarik untuk membuat aplikasi
pembelajaran dari materi dasar hingga materi batas usia melalui permainan dan memanfaatkan
teknologi era modern ini yang berbasisi multimedia dengan tujuan proses belajar mengajar dapat
berjalan aktif, efektif, dan menyenangkan.
Metodologi yang digunakan dalam pembangunan program ini adalah metode
pengembangan multimedia. Aplikasi Pembelajaran ini berisi tentang pelajaran berpikir
ketrampilan dengan 3 level dari usia dini atau 4 tahun sampai 10 tahun. Yang dilengkapi dengan
atribut multimedia antara lain animasi,text,suara, dan gambar. Aplikasi pembelajaran berbasis
multimedia ini dibangun dengan menggunakan, adobe flash CS 3.0, Adobe
photoshop,CorelDraw 12 dan bahasa pemrograman actionscript 2.0
Aplikasi ini berbentuk permainan puzzle yang dibalik soal atau angka terdapat soal –
soal. Pada aplikasi ini terdapat 3 level atau tingkatan pada permainan dan setiap level terdiri dari
21 soal permainan. Aplikasi ini dapat membantu orang tua dalam melatih anak-anak mengasah
atau meningkatkan keterampilan berpikir anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Eko Suprapti
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:59
Last Modified: 29 Dec 2016 01:59
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10289

Actions (login required)

View Item View Item