SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MOTOR BEKAS MENGGUNAKAN METODE ELECTRE BERBASIS WEB ( Studi Kasus Dealer Merpati Motor Yogyakarta)

Susetya, Bryan Pramana (2013) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN MOTOR BEKAS MENGGUNAKAN METODE ELECTRE BERBASIS WEB ( Studi Kasus Dealer Merpati Motor Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kini semakin meningkatnya jumlah produksi sepeda motor baru dan munculnya berbagai model baru berdampak dengan melimpahnya sepeda motor bekas atau dengan sebutan motor second hand. Pasaran untuk motor bekas di Yogyakarta tidak kalah tingginya dengan pasaran motor baru keluaran pabrik, dan dealer Merpati Motor sebagai dealer penjualan motor bekas di Yogyakarta menyediakan berbagai macam produk motor bekas. Ada beberapa alasan utama kenapa masyarakat lebih memilih motor bekas, yaitu :meningkatnya harga sepeda motor baru, semakin tinggi harga bahan bakar minyak dan harga pembelian sepeda motor bekas dan harga jual tidak terpaut jauh. Namun dalam memilih sepeda motor bekas tidaklah semudah dalam memilih sepeda motor baru perlu banyak hal yang dipertimbangkan dari tahun, legalitas surat dan kondisi fisik sepeda motor. Berdasarkan hal tersebut dibangunlah sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan motor bekas menggunakan metode Elimination and Choice Translation Reality(ELECTRE). Secara umum metode ELECTRE dapat menangani pada kondisi dimana alternatif yang kurang sesuai dengan kriteria dapat dieliminasi. Sistem pendukung keputusan ini digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan dalam hal pemilihan sepeda motor bekas yang sesuai dengan kebutuhan dari calon pembeli motor bekas. Metodologi rekayasa perangkat lunak yang digunakan adalah system development life cycle (SDLC) “tradisional” atau PADI yang meliputi : Perencanaan, Analisis, Desain dan Implementasi. Pembuatan aplikasi bernasis web ini menggunakan MySQL sebagai databasenya dan menggunakan PHP sebagai bahasa pemrogamannya. Dengan adanya informasi yang memadai, calon pembeli dapat memilih sepeda motor sesuai kebutuhan yang diinginkan. Penilitian ini membangun sebuah sistem pendukung keputusan. Sistem ini bermanfaat untuk memberikan informasi bagi calon pembeli yang akan membeli sepeda motor bekas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4450 Databases
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Ratna Sufiatin
Date Deposited: 27 Dec 2016 07:08
Last Modified: 27 Dec 2016 07:08
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10263

Actions (login required)

View Item View Item