APLIKASI PERAMALAN KEUNTUNGAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER (Studi Kasus : Home Industri Penjualan Keripik Jagung “Manggala”)

Subono, Aditya Nugroho (2012) APLIKASI PERAMALAN KEUNTUNGAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER (Studi Kasus : Home Industri Penjualan Keripik Jagung “Manggala”). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (683kB) | Preview

Abstract

Keripik jagung “Manggala” merupakan usaha pembuatan keripik jagung yang berdiri didaerah Bantul, Yogyakarta. Perusahaan ini menghasilkan banyak produksi keripik jagung untuk dijual sehingga perusahaan ini mempunyai banyak keuntungan dari hasil penjualan tersebut. Penulis ingin melakukan penelitian tersebut karena ingin menerapkan peramalan atau prediksi di masa depan untuk mengetahui jumlah produksi produksi penjulan dan hasil keuntungan. Kemudian dari hasil peramalan yang dilakukan analisis data guna untuk mengetahui resiko yang terjadi akibat kesalahan dalam pengambilan keputusan. Metode pengembangan sistem yang akan dibuat menggunakan metode waterfall yaitu identifikasi masalah, analisis, perancangan dan implementasi. Variabel yang digunakan adalah data produksi, data penjualan, dan data biaya produksi. Dari variabel tersebut diproses dengan menggunakan metode regresi linier untuk dijadikan suatu rumusan variabel peramalan. Kemudian dari hasil peramalan tersebut dilakukan perhitungan kesalahan peramalan dengan menghitung Mean Absolute Error (MAE) dan Mean Squared Error (MSE). Dari hasil tersebut aplikasi yang akan dibuat berupa hasil perhitungan dan grafik analisis dari perhitungan tersebut sehingga dapat dilakukan pengambilan kesimpulan apakah dari data tersebut keuntungan penjualan naik atau turun sesuai dengan target penjualan. Membangun aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databasenya menggunakan MySQL Server. Pada aplikasi ini juga menggunakan Jgraph dan Visual Chart untuk menampilkan grafik pada web. Tool yang digunakan untuk membangun aplikasi ini menggunkan Dreamweaver 8.0. Kata Kunci : Peramalan, Regresi Linier

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 27 Dec 2016 04:23
Last Modified: 27 Dec 2016 04:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10254

Actions (login required)

View Item View Item