IMPLEMENTASI CITIZEN JOURNALISM PADA MEDIA ONLINE JALIN MERAPI ( www.merapi.combine.or.id ) (Studi Analisi Isi Berita Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Merapi Periode Oktober – Desember 2010)

Rezeqi Rahman, Ridha (2012) IMPLEMENTASI CITIZEN JOURNALISM PADA MEDIA ONLINE JALIN MERAPI ( www.merapi.combine.or.id ) (Studi Analisi Isi Berita Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Merapi Periode Oktober – Desember 2010). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Banyak masyarakat sekitar Gunung Merapi memanfaatkan kesuburan tanah Merapi, pada sisi lain Gunung Merapi memberikan ancaman bencana yang mempunyai keaktifan setiap dua sampai lima tahun sekali dan memiliki sifat yang tidak terduga. Warga masyrakat yang terkena dampak langsung bencana menjadi sumber informasi tercepat untuk mengetahui situasi bencana. Untuk itu peran serta warga dalam proses penanggulangan bencana merupakan hal penting terutama dalam memberitakan peristiwa melalui kegiatan citizen journalism pada media online JALIN Merapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi citizen journalism menggunakan metode analisis isi pada berita penanggulangan bencana pada media online JALIN Merapi. Metode analisis isi adalah tehnik penelitian untuk memaparkan isi yang dinyatakan secara objektif, sistematik dan kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah berita mengenai proses penanggulangan bencana erupsi Merapi halaman web Info Merapi pada media online JALIN Merapi periode Oktober - Desember 2010. Adapun unit analisis yang dalam penelitian ini adalah penanggulangan bencana , pengelolaan informasi , Menu Sites , Identitas Penulis dan penanggung jawab tulisan. Penelitian ini menjelaskan bahwa posting berita pada halaman Info Merapi media online JALIN Merapi belum dimanfaatkan warga umum secara efekif karena hanya terdapat 59 sample berita yang dapat memenuhi syarat untuk diteliti. Dari isi posting berita dari warga pada jendela halaman Info Merapi pada media online JALIN Merapi dapat disimpulkan bahwa jendela halaman Info Merapi media online JALIN Merapi fokus kepada kegiatan citizen journalism yang mendukung proses penanggulangan bencana. Kegiatan citizen journalism pada jendela halaman Info Merapi media online JALIN Merapi memiliki fase posting informasi yang sejalan dengan fase proses mitigasi dan penanggulangan bencana yang di lakukan oleh pemerintah. Kegiatan citizen journalism membentuk jurnalis warga yang memiliki sikap kritis untuk merespon setiap peristiwa dan menumbuhkan sense jurnalisme pada individu sehingga warga mampu berkontribusi dalam sertiap peristiwa penting yang terjadi terutama dalam hal penanggulangan bencana..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Dec 2016 03:23
Last Modified: 23 Dec 2016 03:23
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10211

Actions (login required)

View Item View Item