PERANCANGAN ALAT PRESS TAHU UNTUK PEMBUATAN BAHAN DASAR TAHU OLAHAN DENGAN METODE VALUE ENGINEERING (Studi Kasus Pada Home Industry Pembuat Tahu di Muntilan, Magelang)

Kriswantoro, Andi Septo (2012) PERANCANGAN ALAT PRESS TAHU UNTUK PEMBUATAN BAHAN DASAR TAHU OLAHAN DENGAN METODE VALUE ENGINEERING (Studi Kasus Pada Home Industry Pembuat Tahu di Muntilan, Magelang). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Industri kecil mempunyai potensi yang cukup besar dalam peningkatan penerimaan devisa negara, juga meningkatkan taraf kehidupan masyarakat karena dapat memberikan nilai tambah dalam berproduksi. Kebanyakan industri kecil lebih memprioritaskan pada permasalahan modal, pemasaran, dan manajemen, sedangkan masalah yang berkaitan dengan tenaga kerja, sistem kerja dan lingkungan kerja sering diabaikan. Modifikasi desain dan bahan serta beberapa fungsi pendukung untuk meningkatkan performansi alat pemeras tahu tersebut perlu dilakukan agar modifikasi dapat diterima konsumen serta memilki daya saing yang tinggi. Salah satu strategi yang tepat yaitu dengan mendesain alat pemeras tahu dengan pendekatan rekayasa nilai (value engineering). Rekayasa nilai adalah suatu teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi metode-metode untuk melaksanakan fungsi-fungsi yang diharapkan dan penggunaan produk dengan biaya yang terjangkau oleh pengguna. Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat diketahui bahwa nilai alternatif modifikasi 3 mempunyai nilai paling besar. Dalam hal biaya alternatif, maka berdasarkan tahap pengembangan ini alternatif modifikasi 3 (menggunakan alat press hidrolic dan per/pegas motor + penggunaaan rangka yang terbuat dari besi) adalah alternatif terbaik. Berdasar hasil nilai inkonsistensi ratio yang didapat dengan menggunakan software expert choice sebesar 0,03 atau 3%, maka dapat dikatakan bahwa inkonsistensi kriteria adalah baik karena nilai inkonsistensinya < 0,1 Kata Kunci : Perancangan , Value Engineering , Expert Choice

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Dec 2016 03:24
Last Modified: 23 Dec 2016 03:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10210

Actions (login required)

View Item View Item