ANALISIS PENGARUH PRAKTEK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT, INTEGRASI SUPPLY CHAIN, DAN KAPABILITAS BERSAING TERHADAP KINERJA (Studi pada UKM Eksportir di Kodya Yogyakarta)

AMALIA, DIAN (2013) ANALISIS PENGARUH PRAKTEK SUPPLY CHAIN MANAGEMENT, INTEGRASI SUPPLY CHAIN, DAN KAPABILITAS BERSAING TERHADAP KINERJA (Studi pada UKM Eksportir di Kodya Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
AB.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Praktek supply chain management, Integrasi supply chain, dan Kapabilitas bersaing yang baik sangat dibutuhkan oleh perkembangan suatu industri atau UKM. Praktek SCM yang berjalan dengan baik maka dapat meningkatkan kapabilitas bersaing dan kinerja UKM tersebut. Tujuan : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktek SCM berpengaruh positif pada integrasi SC, praktek SCM berpengaruh positif pada kapabilitas bersaing, integrasi SC berpengaruh positif pada kapabilitas bersaing, praktek SCM berpengaruh positif pada kinerja, integrasi SC bepengaruh positif pada kinerja, dan kapabilitas bersaing berpengaruh positif pada kinerja. Penelitian dilakukan pada UKM Eksportir yang ada di Kodya Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan mulai bulan Mei hingga bulan Juni 2013. Data dalam penelitian ini mencakup data primer. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisis jalur atau path analysis. Hasil analisis jalur diketahui bahwa dari 6 hipotesis yang diajukan terdapat 3 hipotesis yang didukung atau diterima sedangkan 3 hipotesis yang lain tidak signifikan. Hipotesis yang didukung adalah hipotesis 1. Praktek SCM memiliki pengaruh positif pada tingkat integrasi SC, hipotesis 3. Integrasi SC memiliki pengaruh positif pada kapabilitas bersaing, dan hipotesis 6. Kapabilitas bersaing memiliki pengaruh positif pada kinerja perusahaan. Sedangkan hipotesis yang tidak didukung adalah hipotesis 2. Praktek SCM memiliki pengaruh positif pada kapabilitas bersaing, hipotesis 4. Praktek SCM memiliki pengaruh positif pada kinerja perusahaan dan hipotesis 5. Integrasi SC memiliki pengaruh positif pada kinerja perusahaan. Ke-3 hipotesis tersebut hasilnya tidak signifikan karena lebih besar dari 0,005 dan hipotesis ke-5 berpengaruh negatif. Kata kunci: Praktek Supply Chain Management, Integrasi Supply chain, Kapabilitas Bersaing, Kinerja, dan Path Analysis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Dec 2016 02:34
Last Modified: 23 Dec 2016 02:34
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10193

Actions (login required)

View Item View Item