PERANCANGAN PERBAIKAN PELAYANAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus di Laboratorium Prodi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri UPN ”Veteran” Yogyakarta)

AGUSTIN, YUNI (2013) PERANCANGAN PERBAIKAN PELAYANAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) (Studi Kasus di Laboratorium Prodi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri UPN ”Veteran” Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Kualitas pelayanan menduduki posisi yang sangat strategis karena merupakan salah satu aspek dalam keunggulan kompetitif suatu lembaga. Salah satu parameter dalam peningkatan kualitas pada pendidikan perguruan tinggi adalah sistem pembelajaran di Laboratorium. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan usulan rancangan perbaikan kualitas pelayanan dan fasilitas Laboratorium Program Studi (Prodi) Teknik Industri UPN “Veteran” Yogyakarta. Peningkatan pelayanan dan fasilitas laboratorium Prodi Teknik Industri UPN” Veteran” Yogyakarta perlu adanya masukan dari mahasiswa yang dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada mahasiswa. Hasil dari kuesioner akan dijadikan rancangan pelayanan dan fasilitas di laboratorium dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD). QFD merupakan metode yang dapat menentukan prioritas perbaikan atribut pelayanan agar keluaran dari penelitian ini mampu mengoptimalkan perbaikan kualitas pelayanan dan fasilitas laboratorium yang akhirnya dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa. Hasil dari analisis dengan QFD maka didapatkan rancangan pelayanan dan fasilitas di laboratorium yang sesuai dengan keinginan mahasiswa. Dari 28 rancangan pelayanan dan fasilitas yang dihasilkan, dapat dikategorikan ke dalam 3 jangka waktu pelaksanaan yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Dengan rancangan pelayanan dan fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan mahasiswa. Kata kunci: kepuasan mahasiswa, pelayanan dan fasilitas di laboratorium, dan Quality Function Deployment (QFD)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Darsini Darsini
Date Deposited: 22 Dec 2016 07:24
Last Modified: 22 Dec 2016 07:24
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10188

Actions (login required)

View Item View Item