EVALUASI PENYEMENAN PRIMER DENGAN ANALISA CBL-VDL PADA CASING 9 5/8” PADA SUMUR X LAPANGAN KIDO SHALLOW PT. KERUI GENTING OIL

DANANG WIDHIATMOKO, ARIEL (2016) EVALUASI PENYEMENAN PRIMER DENGAN ANALISA CBL-VDL PADA CASING 9 5/8” PADA SUMUR X LAPANGAN KIDO SHALLOW PT. KERUI GENTING OIL. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (521kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi pada penyemenan sumur X ini terdapat beberapa kedalaman yang berindikasikan bad to formation atau penyemenan buruk terhadap formasi yaitu pada kedalaman 1460 m – 1580 m dan ada beberapa interval yang mengalami penyemenan buruk terhadap casing atau bad to casing di daerah sekitar zona produksi. Evaluasi penyemenan pada casing 9 5/8” ini menggunakan peralatan logging yaitu Cement Bond Log (CBL) dan Variable Density Log (VDL) yang dilakukan di kedalaman 400 m - 1614 m dan juga evaluasi secara operasional. Hasil logging CBLVDL dapat dianalisa secara kuantitatif meliputi pembacaan amplitude yang kemudian dapat ditentukan besaran harga compressive strength dan harga bond index. Sedangkan analisa kualitatif dilakukan secara komprehensif dari perekaman VDL. Untuk evaluasi dari segi operasional dilihat dari kesesuaian perencanaan dan pelaksaanaan dilapangan. Dari hasil analisa CBL didapatkan prosentase compressive strength semen yang memiliki kualitas baik adalah 73% sedangkan kualitas compressive strength semen buruk sebesar 27%. Prosentase bond index pada sumur ini yang memiliki kualitas yang baik sebesar 64% sedangkan prosentase bond index yang memiliki kualitas buruk sebesar 36%. Dari hasil analisa VDL terdapat beberapa kedalaman yang berindikasikan bad to formation atau penyemenan buruk terhadap formasi yaitu pada kedalaman 1460 m – 1580 m dan ada beberapa interval yang mengalami penyemenan buruk terhadap casing atau bad to casing di daerah sekitar zona produksi. Adanya semen yang mengalami bad to formation ini disebabkan oleh pembersihan mud cake yang kurang sempurna karena adanya kesalahan pada saat pengoperasian pemompaan spacer yang seharusnya menggunakan pola aliran turbulen sedangkan saat pengoperasian nya memakai laju aliran laminar. Berdasarkan hasil diatas penyemenan pada sumur X dapat dikatakan kurang sempurna dan perlu dilakukannya squeeze cementing pada interval kedalaman yang memiliki masalah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Dec 2016 04:14
Last Modified: 22 Dec 2016 04:14
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10173

Actions (login required)

View Item View Item