KAJIAN CASING INTERMEDIATE LINER 7” DAN CASING PRODUCTION LINER 4 ½” DENGAN MENGGUNAKAN METODE GRAFIS PADA SUMUR D-10 LAPANGAN DAM PT.PERTAMINA EP

Abdul Majid, Dicky (2016) KAJIAN CASING INTERMEDIATE LINER 7” DAN CASING PRODUCTION LINER 4 ½” DENGAN MENGGUNAKAN METODE GRAFIS PADA SUMUR D-10 LAPANGAN DAM PT.PERTAMINA EP. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKS.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (271kB) | Preview

Abstract

Casing adalah suatu pipa selubung yang terbuat dari baja campuran yang dipasang pada sumur yang berfungsi untuk melindungi lubang sumur pada proses pemboran maupun proses produksi, Pemilihan casing yang kurang tepat akan menyebabkan casing collapsing, bursting, atau putus pada rangkaian, selain itu pemilihan casing dengan grade yang terlalu tinggi dapat menyebabkan kurang optimum dan efisiennya pemilihan casing. Kajian Casing merupakan suatu cara untuk mengetahui kemampuan casing dalam menanggulangi beban - beban yang terjadi. Kajian Casing Intermediate Liner 7” dan Casing Production Liner 4,5” ini menggunakan metode grafis, dengan cara mengeplotkan gaya-gaya yang bekerja pada casing. Gaya yang bekerja adalah collapse pressure, burst pressure dan tension load, serta biaxial load dimana gaya collapse dan burst digambarkan dengan garis yang mewakili gaya tersebut.. Hasil dari kajian casing intermediate liner 7” casing aktual yang terpasang adalah casing dengan grade K-55; 26 ppf; BTC setelah dilakukan perhitungan memiliki nilai safety factor sebesar Ni = 1,8; Nc = 1,1 dan Nj= 5,7 dimana nilai safety factor yang dimiliki casing tersebut sudah baik karena tidak melebihi nilai safety factor standar API dan terlihat pada grafik Gambar 4.3. ketahan casing ini tidak menyentuh beban busrt load line dan collapse load line, artinya casing ini mampu menahan beban yang terjadi. Sehingga casing dapat dipakai pada sumur berikutnya pada lapangan yang sama. Hasil dari kajian casing production liner 4 ½”, casing aktual yang terpasang adalah casing dengan grade N-80; 13,5 ppf; BTC setelah dilakukan perhitungan memiliki nilai safety factor sebesar Ni = 2,7; Nc = 2,5 dan Nj= 20,5 dimana nilai safety factor yang dimiliki casing tersebut sudah baik karena tidak melebihi nilai safety factor standar API dan terlihat pada grafik Gambar 4.4. ketahan casing ini tidak menyentuh beban busrt load line dan collapse load line, artinya casing ini mampu menahan beban yang terjadi. Sehingga casing dapat dipakai pada sumur berikutnya pada lapangan yang sama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 22 Dec 2016 03:02
Last Modified: 22 Dec 2016 03:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10159

Actions (login required)

View Item View Item