PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN BESARNYA TARIF JASA RAWAT INAP (Studi pada Rumah Sakit Tentara Magelang)

Hermawati, Dwi Noviana (2016) PENERAPAN METODE ACTIVITY BASED COSTING DALAM MENENTUKAN BESARNYA TARIF JASA RAWAT INAP (Studi pada Rumah Sakit Tentara Magelang). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahiu bagaimana penentuan tarif jasa rawat inap dengan metode Activity Based Costing dan perbandingan besarnya tarif jasa rawat inap metode Akuntansi Biaya Tradisional dengan metode Activity Based Costing pada Rumah Sakit Tentara di Magelang. Metode analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif komparatif yaitu analisis tarif rumah sakit saat ini, menetapkan metode biaya berdasarkan Activity Based Costing, kemudian membandingkan tarif rawat inap rumah sakit berdasarkan Activity Based Costing dengan realisasinya. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Tentara Magelang (RST) yang terletak di jalan raya Magelang dan Semarang. Tepatnya Jalan Oerip Sumoharjo Nomor 48 di wilayah Kota Magelang. Rumah Sakit Tentara ini merupakan rumah sakit negeri kelas 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitungan tarif rawat inap dengan menggunakan Activity Based Costing, apabila dibandingkan dengan tarif yang digunakan oleh rumah sakit maka Activity Based Costing memberikan hasil yang lebih murah untuk Kelas VIP A, Kelas VIP B, Melati kelas I, Edelweis kelas I dan Anggrek kelas II. Sedangkan untuk Bougenvile kelas II dan Seruni kelas III memberikan hasil yang lebih besar. Hal ini disebabkan karena pembebanan biaya overhead pada masing-masing produk. Sehingga dalam Activity Based Costing, telah mampu mengalokasikan biaya aktivitas ke setiap kamar secara tepat berdasarkan konsumsi masing-masing aktivitas. Perhitungan biaya dengan menggunakan metode Activity Based Costing akan membebankan aktivitas yang di lakukannya dengan tingkat keakuratan yang baik, sehingga pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih baik. Kata kunci : Tarif, metode Activity Based Costing, metode tradisional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 20 Dec 2016 02:45
Last Modified: 20 Dec 2016 02:45
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10121

Actions (login required)

View Item View Item