PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP STRATEGI MANUFAKTUR : STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KABUPATEN BANTUL

WIRAKUSUMA, ANGGA (2012) PENGARUH LINGKUNGAN BISNIS TERHADAP STRATEGI MANUFAKTUR : STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI KABUPATEN BANTUL. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
9. Abstraksi.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Globalisasi telah menciptakan suatu lingkungan dimana lingkungan tersebut membuat organisasi atau perusahaan harus mengadopsi dan menerapkan strategi manufaktur jika mereka ingin tetap kompetitif. Penelitian ini digunakan untuk melihat hubungan antara faktor-faktor lingkungan bisnis terhadap pilihan strategi manufaktur. Penelitian ini menemukan hubungan faktor-faktor lingkungan bisnis seperti biaya bisnis, ketersediaan tenaga kerja, tingkat persaingan dan kedinamisan pasar dengan strategi manufaktur seperti biaya rendah, kualitas, fleksibilitas dan pengiriman. Penelitian dilakukan di perusahaan kecil dan menengah yang berlokasi di Kabupaten Bantul. Data dikumpulkan dari 46 perusahaan di Kabupaten Bantul. Pengambilan data dilakukan mulai bulan November hingga Desember 2011. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan Multivariate Multiple Regression Analysis (MMRA). Hasil MMRA diketahui bahwa faktor-faktor lingkungan bisnis (biaya bisnis, ketersediaan tenaga kerja, tingkat persaingan dan kedinamisan pasar) berpengaruh secara simultan terhadap pilihan strategi manufaktur (biaya rendah, kualitas, fleksibilitas dan pengiriman). Kata kunci: lingkungan bisnis, strategi manufaktur, multivariate multiple regression analysis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Dec 2016 07:49
Last Modified: 16 Dec 2016 07:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10099

Actions (login required)

View Item View Item