ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN FAKTOR MAKRO EKONOMI TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

IMAS MUTIARA KUSUMA WARDANI, HERDYAN (2012) ANALISIS PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN FAKTOR MAKRO EKONOMI TERHADAP RETURN SAHAM SYARIAH PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Jakarta Islamic Index adalah salah satu indeks saham yang ada di Indonesia yang menghitung index harga rata-rata saham untuk jenis saham-saham yang memenuhi kriteria syariah. Tujuan pembentukan Jakarta Islamic Index (JII) adalah untuk meningkatkan kepercayaan investor untuk melakukan investasi pada saham berbasis syariah dan memberikan manfaat bagi pemodal dalam menjalankan syariah Islam untuk melakukan investasi di bursa efek. Jakarta Islamic Index (JII) juga diharapkan dapat mendukung proses transparansi dan akuntabilitas saham berbasis syariah di Indonesia. Variabel yang mempengaruhi return saham syariah diantaranya kinerja keuangan yaitu: Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), Price Book Value (PBV) dan faktor makro ekonomi, yaitu : tingkat inflasi, tingkat suku bunga, dan kurs valuta asing. Sampel dalam penelitian ini adalah saham-saham yang tergabung dalam JII dalam kurun waktu 2006-2010. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan memperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan. Data di ambil dari laporan keuangan yang diterbitkan oleh perusahaan publik yang terdaftar di Indonesia Directory Exchange (IDX). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Return on equity, earning per share, debt to equity ratio, price book value, tingkat inflasi, tingkat suku bunga dan kurs secara simultan berpengaruh terhadap return saham. Return on equity, earning per share, debt to equity ratio, price book value, tingkat inflasi, tingkat suku bunga dan kurs secara parsial berpengaruh terhadap return saham. Kata Kunci : Return On Equity (ROE), Earning Per Share (EPS), Debt to Equity Ratio (DER), Price Book Value (PBV), tingkat inflasi, tingkat suku bunga, dan kurs valuta asing.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Dec 2016 07:27
Last Modified: 16 Dec 2016 07:27
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10093

Actions (login required)

View Item View Item