PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN LEVERAGE OPERASI TERHADAP TINDAKAN PERATAAN LABA YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI (2006-2009)

WIBOWO, ANGGORO (2012) PENGARUH RASIO PROFITABILITAS DAN LEVERAGE OPERASI TERHADAP TINDAKAN PERATAAN LABA YANG DILAKUKAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI (2006-2009). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Absrtak.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Perataan laba merupakan praktik yang umum dilakukan manajer untuk memanipulasi laba perusahaan agar tidak terlalu berfluktuatif, yang diharapkan mempunyai pengaruh yang bermanfaat bagi evaluasi kinerja manajemen. Dimana faktor-faktor tindakan perataan laba yang digunakan dalam penelitian ini adalah leverage operasi dan rasio profitabilitas dengan menggunakan NPM, ROA, dan ROE. Dimana leverage operasi digunakan untuk mendeteksi tindakan perataan laba karena berhubungan langsung pada operasional perusahaan, sedangakan rasio profitabilitas digunakan untuk mendeeteksi tindakan perataan laba karena berhubungan langsung dengan laba perusahaan. Data ini diperoleh dari Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Dengan mengambil sampel perusahaan manufaktur sebanyak 52 sampel perusahaan, sampel diambil dengan metode purposive sampling. Untuk mengidentifikasi tindakan perataan laba dengan indeks Eckel.Model penelitian yang digunakan binary logistic regression. Hasil uji statistic menunjukan bahwa NPM, ROA, ROE berpengaruh signifikan terhadap tindakan perataan laba. Sedangakan leverage operasi tidak berpengaruh signifikan terhadap tindakan perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Kata kunci : Tindakan Perataan Laba ( Income Smoothing ), Net Profit Margin ( NPM ), Return on Asset ( ROA ), Return on Equity ( ROE ), dan Leverage Operasi ( Operasional Leverage ).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 16 Dec 2016 02:06
Last Modified: 16 Dec 2016 02:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10062

Actions (login required)

View Item View Item