ANALISIS PENGARUH INFLASI, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN NILAI TUKAR TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK INDONESIA

LESTARI NINGSIH, FITRIYANI (2014) ANALISIS PENGARUH INFLASI, TINGKAT SUKU BUNGA, DAN NILAI TUKAR TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel inflasi yang diukur dengan Indeks Harga Konsumen (IHK), Tingkat Suku bunga, dan Nilai Tukar terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Tipe data dalam penelitian ini adalah data time series, karena sifat data dalam penelitian ini yang time series maka dilakukan Uji Stasioneritas Data. Uji Stasioneritas dilakukan dengan tujuan untuk menguji adanya anggapan bahwa sebuah data time series itu tidak stasioner. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Teknik Analisis Regresi Berganda, dan dilakukan juga Uji Asumsi Klasik karena merupakan syarat dalam Regresi Berganda. Uji Asumsi Klasik yang dilakukan dengan Uji Multikolinearitas, Uji Heteroskedastisitas, Uji Otokorelasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa variabel Inflasi yang diukur dengan Indeks Harga Konsumen (IHK), Tingkat Suku bunga, Nilai Tukar secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia. Hasil Penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Inflasi yang diukur dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) berpengaruh positif signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), variabel Tingkat Suku Bunga berpengaruh negatif signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), dan variabel Nilai Tukar tidak berpengaruh signifikan terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Kata Kunci: Time Series Data, Stasioneritas Data, Analisis Regresi Berganda, Inflasi (IHK), Suku Bunga (BI Rate), Nilai Tukar (Kurs Tengah), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 15 Dec 2016 07:30
Last Modified: 15 Dec 2016 07:30
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/10033

Actions (login required)

View Item View Item