ANALISIS FAKTOR-FAKTOR ANTESEDEN PROSES PENGEMBANGAN PRODUK DAN DAMPAKNYA PADA KUALITAS PRODUK BARU BATIK (STUDI KASUS PADA UKM BATIK TULIS WARNA ALAM)

Adhi Susanto, Hananto (2012) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR ANTESEDEN PROSES PENGEMBANGAN PRODUK DAN DAMPAKNYA PADA KUALITAS PRODUK BARU BATIK (STUDI KASUS PADA UKM BATIK TULIS WARNA ALAM). Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR, Motto, Persembahan, Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengembangan produk baru adalah proses pencarian gagasan untuk barang dan jasa baru dan mengkonversikan kedalam tambahan lini baru didasarkan pada asumsi bahwa para pelanggan menginginkan unsur-unsur baru dan pengenalan produk baru akan membantu mencapai tujuan perusahaan. Perusahaan mengembangkan produk baru dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan. Produk baru merupakan barang dan jasa yang pada dasarnya berbeda dari yang telah dipasarkan sebelumnya oleh perusahaan lain. Maka perusahaan menggunakan tim lintas fungsional menuju perubahan manajemen untuk melaksanakan sistem manajemen kontemporer yang disebut Total Quality Management (TQM) dalam menghasilkan produk-produk baru yang berkualitas. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan pelanggan terhadap corak warna batik tulis yang memakai warna alam pada kualitas produk baru. Dengan hal ini memberikan peluang-peluang baru para perajin untuk mengembangan produk barunya yang berkualitas di pasar dosmesti maupun mancanegara. Sentral Batik Tulis di Kabupaten Bantul tersebar dimana-dimana antara lain ada di Kelurahan Pandak, Kelurahan Giriloyo dan Kelurahan Tembi. Pengembilan data dilakukan mulai bulan Mei hingga bulan Juni 2012. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer. Metode pengolahan dan analisis data menggunakan analisi deskriptif, analisis regresi sederhana dengan memasukan tiap variabel masing antara lain (1) Keterlibatan Konsumen, (2) Orientasi Kualitas, (3) Kebaruan Produk, dan (4) Tekanan Waktu yang berpengaruh terhadap kualitas produk baru. Hasil analisis regresi sederhana masing-masing dapat diketahui bahwa keterlibatan konsumen sebesar 0,231 (positif) dan uji signifikansi koefisien ini dengan t statistik diperoleh thitung sebesar 2,709 dan probabilitas kesalahan (p) = 0,015. Karena p > 0,05, maka hipotesis terbukti. Hasil variabel orientasi kualitas sebesar 0,345 (positif) dan uji signifikansi koefisien diperoleh thitung sebesar sebesar 4,021 dan p = 0,000. Karena p > 0,05, maka hipotesis terbukti. Hasil variabel kebaruan produk sebesar -0.073 (negatif) dan uji signifikansi koefisien diperoleh thitung sebesar -0,446 dan p = 0,657. Karena p < 0,05, maka hipotesis tidak terbukti. Dan terakhir hasil variabel tekanan waktu sebesar -0,611 (negatif) dan uji signifikansi koefisien diperoleh thitung sebesar -4,173 dan p = 0,000. Karena p > 0,05, maka hipotesis terbukti. Kata Kunci : pengembangan produk, kualitas produk, TQM, sentral batik tulis, regresi sederhana.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 30 Nov 2016 08:53
Last Modified: 30 Nov 2016 08:53
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9659

Actions (login required)

View Item View Item