Wibawa, Ade (2013) NATION-BRANDINGKOREA SELATAN MELALUI KOREAN POPULAR CULTUREDI INDONESIA. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
Preview |
Text
3 Abstract.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Korean Popular CulturemerupakanbagiandariKorean wave yang digunakan
Korea Selatan sebagaialatmempopulerkannation-brandingnya.
MelaluiimplementasiefektifdariKorean Popular Culture (musik, drama, film).Korea
Selatan munculsebagaisebuahnegara yang
cukupterpandangmenjadiperhatiandunia.Nation-branding yang diciptakan,
direncanakandandiimplentasikanoleh Korea Selatan melaluilembagalembagapemerintahan
yang
terkaitmampumemberikankekuatandandukunganbaiksecarahukummaupunfinansialter
hadappenyebaranKorean Popular Culture.Lembaga-lembaga yang
mendukungdalamimplementasination-brandingdalamKorean Popular Cultureantara
lain: Presidential Council on Nation Branding, Korean Creative Content Agency
(KOCCA) danKorean Film Council (KOFIC).
Implementasination-branding yang dilakukan Korea Selatan melaluiKorean
Popular Culturedanprodukbrand Korea Selatan mampumenempatkan Korea
menjadiperhatiandunia. Hal tersebutmemilikidampakbagikeduabelahpihak, baikbagi
Korea Selatan maupunnegarapenerima. Indonesia
sebagaisalahsatunegarapengkonsumsiprodukKorean Popular Culturedanprodukbrand
Korea mengalamidinamikafenomenasosial (perubahan ide, nilai, dantingkatkonsumsi)
danperubahandinamikahubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan.
Dampakdaridinamikafenomenanation-branding Korean Popular Culture yang terjadi
di Indonesia secaraumumada lima, antara lain: Image buildingterhadapKorean
Popular Culture (perspektifcantik, menarik, rupawandanbudaya Korea Selatan), Ide
yang munculdariKorean Popular Culture (munculnyakreatifitasdalammusik, film,
meningkatnyakonserartisdanKorean Festival Korea Selatan di Indonesia),
Trendsetter fashion Korean Popular Culture, ketertarikanterhadapbahasadanbudaya
Korea Selatan danmeningkatnyatingkatkonsumsiterhadapprodukelektronikbrand
Korea Selatan.
Strategination-branding Korea Selatan melaluiKorean Popular
Culturememberikandampak yang berpengaruhbagisektorperdagangan, pariwisata,
yang secaraumummeningkatkanperekonomian Korea Selatan.Selainitunationbranding
Korea Selatan melalui Korean Popular Culture memberikandampak yang
signifikanbagi Indonesia. Hal ituterbuktidenganadanyadinamikasosial yang terjadi di
Indonesia seperti: munculnyaimage buildingterhadap Korea, ide yang
munculdariKorean Popular Culturedanmeningkatnyakonsumsiproduk Korea Selatan
di Indonesia.
Kata kunci: Nation-branding, Korean Popular Culture, Presidential Council on
Nation Branding, Korean Creative Content Agency (KOCCA),Korean Film Council
(KOFIC), Korean Festival, Trendsetter Fashion, Image building.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | J Political Science > JZ International relations |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 29 Nov 2016 01:12 |
Last Modified: | 29 Nov 2016 01:12 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9489 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |