Dwi Mardiyanti, Kartika (2013) Evaluasi Kegiatan marketing cummunicationPT.Petrokimia Sales Supervisor dalam memeberikan kontribusi pada Ekuitas merk. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
ABSTRAK pdf.pdf Download (15kB) | Preview |
Abstract
Menghadapi kondisi pasar pada tahun 2013 dalam sektor perekonomian global maupun pengembangan di bidang sektor pertanian, PT. Petrokimia Gresik berusaha menjadi market leader diantara kompetitornya. Persaingan bisnis yang terjadi ini mendorong PT.Petrokimia Gresik untuk melakukan kegiatan marketing communication yang dapat mempertahankan dan mengembangkan perusahaan. Kegiatan marketing communication yang dilakukan oleh PT.Petrokimia Gresik melalui sales supervisor yakni memonitoring, mengawasi penyaluran pupuk, sosialisasi pupuk dan melakukan beberapa evaluasi pada program kerja, dibutuhkan skill komunikasi yang baik. Penelitian ini, menggunakan metode kualitatif yang dilengkapi dengan pengolahan data secara deskriptif dan menggunakan analisa data secara eksploratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kegiatan marketing communication yang dilakukan PT. Petrokimia Gresik yang melalui sales supervisor (SS) dalam memberikan kontribusi pada ekuitas merek, dan mengetahui fungsi dari kegiatan sales supervisor (SS) PT. Petrokimia Gresik. Uji validitas yang digunakan adalah menggunakan triangulasi data, yakni dengan melakukan beberapa wawancara kepada Kepala Departemen, Kepala Bagian, dan beberapa karyawan sebagai sales supervisor. Teori yang digunakan adalah teori interaksi sosial yakni meliputi perbandingan sosial dan pertukaran sosial, dimana dengan berinteraksi antara konsumen dapat mempengaruhi perilaku untuk menggunakan pupuk Petrokimia Gresik sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi. Evaluasi yang telah dilakukan dapat dikatakan berhasil karena informasi pesan dari sales supervisor dapat tersampaikan secara akurat dan menimbulkan hubungan yang baik dengan konsumen atau dinas-dinas terkait. Kegiatan marketing communication yang telah dijalankan dan dipadukan antara marketing mix dengan promotion mix yang saling terintegrasi serta evaluasi yang telah dilakukan, menimbulkan loyalitas terhadap merek “Kebo Mas”. Konsumen yang tidak asing terhadap merek, dan semakin banyak yang menggunakan pupuk dari Petrokimia Gresik, memudahkan Petrokimia dalam membentuk ekuitas merek.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 03:01 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 03:01 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9402 |
Actions (login required)
View Item |