Parta, Boris (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DINAS PARIWISATA PROVINSI YOGYAKARTA DALAM MEMASARKAN OBYEK PARIWISATA YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRACT wisata Yogyakarta.pdf Download (5kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (13kB) | Preview |
Preview |
Text
Cover.pdf Download (23kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (13kB) | Preview |
Preview |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (38kB) | Preview |
Abstract
Dinas Pariwasata Yogyakarta merupakan instansi pemerintah yang bergerak dalam
bidang pariwisata kusunya daerah Yogyakarta. Yogyakarta sebagai kota yang kaya
akan budaya khas Jawa dan obyek wisata yang menarik untuk di kunjungi bagi para
wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi
komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan oleh Dinas Pariwisata dan
mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi menghambat serta mendukung dalam
proses pemasaran. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif,
menggunakan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk
mengembangkan konsep-konsep, menghimpun fakta tetapi penelitian ini tidak
dimaksudkan untuk menguji hipotesis (anggapan sementara) berdasarkan teori-teori
tertentu. Pada penelitian ini data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan
studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif, dan disajikan dalam
bentuk uraian yang disusun secara detail dan sistematis. Dinas Pariwisata Provinsi
Yogyakarta dalam memasarkan obyek pariwisatanya dengan tujuan menjadi obyek
wisata terbaik di dalam maupun luar negeri. Dinas Pariwisata Yogyakarta melakukan
Strategi komunikasi pemasaran secara efektif dan efisien agar pariwisata berjalan
lancar. Komunikasi pemasaran terpadu disesuaikan dengan kemampuan pemerintah
Dinas Pariwisata Ypgyakarta dalam memasarkan obyek wisata. Strategi komunikasi
pemasaran terpadu menggunakan bauran komunikasi pemasaran yaitu advertising,
sales promotion, direct selling, personal selling dan public relations. Promosi
menjadi salah satu bentuk komunikasi pemasaran andalan Dinas Pariwisata
Yogyakarta. Promosi merupakan arahan langsung dimana terjadinya peralihan nilai
terhadap produk pada kekuatan penjualan. Promosi berorientasi-konsumen mengajak
konsumen untuk mencoba produk yang belum pernah dicoba sehingga membuat
konsumen tertarik untuk mencoba dan menjadi wisatawan yang berkunjung ke
Yogyakarta ditambah pelayanan yang baik. Dinas Pariwisata Yogyakarta juga
menggunakan bentuk komunikasi pemasaran terpadu yang semuanya mempunyai
kekuatan masing-masing seperti iklan di media massa secara luas, penjualan tatap
muka yang selalu melayani pelanggan untuk mengenal lebih jauh obyek wisata
Yogyakarta. Dalam melakukan strategi komunikasi pemasaran terpadu yang
dilakukan Dinas Pariwisata Yogyakarta berjalan efektif dan mampu menarik minat
wisatawan untuk berkunjung ke Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 25 Nov 2016 02:18 |
Last Modified: | 25 Nov 2016 02:18 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |