Ayu Putri, Prameswari (2012) “GAYA” dan “TIP & TRIK” PADA MAJALAH CITA CINTA TERHADAP GAYA BERPAKAIAN PEREMPUAN di Kabupaten Sleman. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (30kB) | Preview |
Abstract
Adanya majalah fashion, mengarahkan fashion mode dilihat secara simultan oleh semua tingkatan masyarakat dan juga akan terus diadopsi. Fashion dan kecantikan mendorong gadis-gadis untuk melihat penggunaan busana dan kosmetik sebagai esensial dari menjadi feminim, penampilan fisik juga memiliki arti penting bagi seorang perempuan. Seperti halnya majalah Cita Cinta pada Rubrik “Gaya” dan “Tip&trik” yang selalu mengupdate setiap mode yang ada pada tiap bulannya. Sebagai pembaca majalah tersebut, perempuan diharapkan mengikuti dan mengaplikasikan mode tersebut dalam gaya berpakaiannya. Dengan mengamati majalah tersebut dan lingkungan sekitarnya, seorang perempuan dapat memutuskan apakah mode tersebut akan diaplikasikannya dalam gaya berpakaian sehari-hari atau tidak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan rubrik “Gaya” dan “Tip&Trik” pada majalah Cita Cinta terhadap gaya berpakaian perempuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R, Teori Peniruan (teori modeling) serta Terpaan media (media exposure). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode survai. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah perempuan yang ada di kabupaten sleman dengan sampel sebesar 60 orang, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis korelasi product moment, regresi linier sederhana, t test (uji t), dan R2 (koefisien determinasi). Hasil linier sederhana menunjukkan bahwa variabel exposure rubrik “Gaya” dan “Tip&Trik” mempunyai pengaruh yang positif terhadap gaya berpakaian perempuan karena t signifikan p < o,o5 (0,000 < 0,05), jadi dapat disimpulkan bahwa variabel Terpaan Rubrik “Gaya” dan “Tip&Trik” (X) secara signifikan mempengaruhi variabel Gaya berpakaian (Y). koefisien determinasi (R2) sebesar 0,281 yang berarti bahwa sekitar 28,1% variasi pada variabel Gaya berpakaian dapat diterangkan oleh variabel exposure rubrik “Gaya” dan “Tip&Trik”. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 72,9% dipengaruhi oleh variasi lain. Fashion magazine absolutely direct all people in all levels to adopt the fashion mode in their life. Fashion and loveliness influence woman to learn how to use the right costume and cosmectic as an essensial to be a completely woman, Feminine. Appearance of physical is really important thing for a woman. Cita Cinta magazine, exactly on their rubric calls “ Gaya” and Tips & Trick” always update about , what a woman needed to a feminine person, in every month. As a woman who read the magazine, woman be expected to take and apply the role of mode on her daily style. Being read Cita Cinta and watching her neighbourhood, a woman will decide is that style will she wear or not in her daily style. The purpose of this research were to know is there any influence and exposure from Cita Cinta magazine’s rubric calls “Gaya and “ Tips& Trick” into woman daily style. This research uses some of theory like S-O-R theory, Modelling theory and Media Exposure theory. This research uses quantitative with survai method. Women in Sleman regency were an taken for populationin this research with a sample of 60 people, while Purposive Sampling is a technic that uses in this research. A product moment correlation, regression simple line, test t ( uji t) and R2 ( determination correlation) are an analyst method that uses in this research . Result from regression simple line showing that exposure variable on rubric “ Gaya and Tip& Trick have a positive influence for woman fashion mode. It’s prove by t significant p < o,o5 (0,000 < 0,05), it’s mean that exposure variable on rubric “Gaya and Tips&Trick (X) are significantly influence fashion mode variable ( Y). Determination coefficient (R2) is about 0,281 which mean about 28,1% variation on fashion mode variable can be prove by exposure variable on rubric “ Gaya and Tips&Trick.” At the same time, the leftover about 72,9% were influence by another variation
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Erny Azyanti |
Date Deposited: | 24 Nov 2016 05:11 |
Last Modified: | 24 Nov 2016 05:11 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9337 |
Actions (login required)
View Item |