PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KABUPATEN SRAGEN

Endah Fajarsari, Fitria (2012) PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 3 KABUPATEN SRAGEN. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.AKHIR.pdf

Download (14kB) | Preview

Abstract

Sikap dan perilaku yang dicerminkan dari peran budaya organisasi yang diterapkan serta komunikasi sebagai alat yang digunakan untuk melakukan fungsifungsi organisasi diharapkan dapat menghasilkan kineja yang baik. Dengan melihat kondisi SDN 3 di Kabupaten Sragen dalam organisasi yang terbentuk tercermin dari ciri sikap perilaku disiplin masuk kerja, kekompakkan, kinerja guru dalam menyelesaikan tugas yang diacu dari program kerja yang dibuat oleh masingmasing guru, kegiatan tatap muka yang dilakukan sebagai wujud komunikasi formal dimana kondisi ini dapat diduga adanya hubungan antara variabel-variabel budaya organisasi dan komunikasi organisasi dengan kinerja guru. Penelitian ini dilakukan pada guru SDN 3 di Kabupaten Sragen, karena memiliki banyak prestasi baik prestasi sekolah, prestasi guru maupun siswa/siswi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan komunikasi organisasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri 3 Kabupaten Sragen. Jenis penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian survey. Seluruh populasi menjadi sampel penelitian yaitu seluruh guru SDN 3 Sragen yang berjumlah 24 orang. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas semua data dinyatakan valid. Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian nilai t = 2,628 dengan tingkat signifikansi 5% (p = 0,016; p < 0,05 dan dapat dilihat dari nilai t = 2,789 dengan tingkat signifikansi 5% (p = 0,011; p < 0,05) . Jadi dapat disimpukan bahwa variabel budaya organisasi dan komunikasi organisasi berpengaruh signifikan terhadap tingkat kinerja guru SD Negeri 3 Sragen. Variabel komunikasi organisasi lebih dominan pengaruhnya dibandingkan dengan budaya organisasi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Negeri 3 Kabupaten Sragen. Hal ini dapat dilihat dari koefisen Beta variabel komunikasi (0,459) lebih besar dari variabel budaya organiasasi ( 0,433). Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan nilai R Square (R2) sebesar 0,640 yang berarti bahwa variasi variabel independen yaitu budaya organisasi dan komunikasi dapat menjelaskan sebesar 64,0% terhadap variasi variabel dependen yaitu kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberikan saran bagi sekolah saran bagi sekolah, yaitu perlu dibangun budaya organisasi yang lebih baik untuk meningkatkan kinerja guru, dengan menerapakan disiplin yang tinggi untuk meningkatakan prestasi belajar siswa. Attitudes and behaviors that reflected the role of organizational culture and communication are applied as a tool used to perform the functions of the organization are expected to generate databases must address satisfying. By looking at the condition of SDN 3 in Sragen the organization formed an attitude reflected in the behavior traits of discipline to come to work, teacher performance in completing the tasks of the work program referred to are made by individual teachers, face-to-face activities undertaken as a form of formal communication wherein this condition can be suspected existence relationship between variablesvariables organizational culture and communication organization with teacher performance. The research was conducted at SDN 3 teachers in Sragen, because it has a lot of good track school performance, teacher performance and student / student. This study aims to determine the influence of organizational culture and organizational communication on the performance of elementary school teachers 3 Sragen. This type of research used in this study is survey research. The entire population of a sample that all teachers SDN 3 Sragen totaling 24 people. Based on test validity and reliability all of the data is declared valid. It can be seen from the results of the research value of t = 2.628 with a significance level of 5% (p = 0.016, p <0.05 and can be seen from the value of t = 2.789 with a significance level of 5% (p = 0.011, p <0.05) . so can be concluded that organizational culture and communication variables significantly influence the organizational performance level 3 Sragen elementary school teacher. variables influence organizational communication more dominant than the organizational culture on the performance of elementary school teachers 3 Sragen. It can be seen from the Beta coefficient variable communication (0.459) greater than organiasasi cultural variables (0.433). Based on the results of the calculation value of R Square (R2) of 0.640, which means that the variation in the independent variable is organizational culture and communication can be explained by 64.0% of the variation in the dependent variable is the performance teachers. Based on the results of this study, researchers gave suggestions for school suggestions for schools, which have built a better organizational culture to improve teacher performance, with high discipline applying to increasing student achievement

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 24 Nov 2016 04:43
Last Modified: 24 Nov 2016 04:43
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9333

Actions (login required)

View Item View Item