Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian studi pada Pamella 1 Supermarket Yogyakarta

Intani, Lini Rizki (2013) Pengaruh Bauran Pemasaran Ritel Terhadap Keputusan Pembelian studi pada Pamella 1 Supermarket Yogyakarta. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAKSI.pdf]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of pengesahan.pdf] Text
pengesahan.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah pengaruh lokasi, merchandise,
harga, promosi, atmosfer dan ritel servis secara simultan dan parsial terhadap keputusan
pembelian pada Pamella 1 Supermarket. Hipotesis penelitian ini adalah ada pengaruh lokasi,
merchandise, harga, promosi, atmosfer dan ritel servis secara simultan dan parsial terhadap
keputusan pembelian pada Pamella 1 Supermarket.
Tipe penelitian ini adalah explanatory research yaitu penelitian yang menjelaskan
hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam
penelitian ini adalah konsumen Pamella 1 Supermarket dengan menggunakan sampel 70
responden. Teknik pengumpulan data secara primer dengan menyebar kuisioner yaitu
memberikan daftar yang berisi pertanyaan kepada responden. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Penelitian ini menggunakan alat
analisis Linier Berganda
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan antara lokasi, merchandise,
harga, promosi, atmosfer, dan ritel service secara simultan terhadap keputusan pembelian
pada konsumen Pamella I Supermarket Yogyakarta. Secara parsial dapat disimpulkan
bahwa lokasi, merchandise, harga dan atmosfer berpengaruh secara signifikan terhadap
keputusan pembelian. Sedangkan promosi dan ritel servis secara parsial tidak berpengaruh
signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen Pamella Supermarket Yogyakarta
Nilai koefisien determinasi (adjusted R2) sebesar 0,559 yang menunjukkan bahwa
sebesar 55,9% keputusan pembelian pada konsumen Pamella 1 Supermarket dapat
dijelaskan oleh keenam variabel (lokasi, merchandise, harga, promosi, atmosfer dan ritel
servis) dan sisanaya 44,1% keputusan pembelian dijelaskan oleh variabel lain yang tidak
dimasukkan dalam penelitian.
Saran bagi peningkatan keputusan pembelian pada konsumen Pamella I
Supermarket Yogyakarta Sebaiknya pemilik toko memperhatikan kondisi parkir bagi
konsumen, dikarenakan dalam penelitian ini konsumen menyatakan bahwa sarana parkir
yang dimiliki oleh toko dirasakan sempit atau kurang luas, sehingga perlunya penambahan
area parkir atau penataan lokasi parkir yang menjadikan parkir menjadi luas perlu dilakukan
oleh pemilik toko. Pemilihan lokasi toko yang dekat dengan pelanggan sangat diperlukan,
dikarenakan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelanggan sangat menginginkan lokasi
belanja yang dekat dengan tempat tinggalnya, sehingga tidak memerlukan waktu lama dan
jarak tempuh yang jauh jika berbelanja.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 23 Nov 2016 07:32
Last Modified: 13 Jun 2022 04:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9271

Actions (login required)

View Item View Item