STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENCAPAI TARGET NASABAH

UTAMI OKTAVIA, PUTRI (2013) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENCAPAI TARGET NASABAH. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK1.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK1.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Perkembangan bisnis saat ini meningkat tajam dengan semakin
banyaknya pemenuhan kepuasan kebutuhan manusia saat ini. PT Federal
International Finance bergerak untuk mengatasi kebutuhan ekonomi masyarakat
dengan menjadi solusi pembiayaan yang terbaik bagi masyarakat seluruh
Indonesia. Persaingan bisnis antar perusahaan pembiayaan yang semakin
kompetitif membuat PT Federal International Finance Yogyakarta merancang
sebuah strategi komunikasi pemasaran dalam menghadapi persaingan yang
semakin kompetitif. Ini membuat peneliti untuk menganalisa bagaimana strategi
komunikasi pemasaran FIF yang digunakan dalam meraih target dan
mempertahankan loyalitas nasabah. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini
adalah untuk mengetahui perencanaan strategi yang dilakukan serta implementasi
strategi yang telah dilakukan oleh PT FIF Yogyakarta. Kerangka pemikiran yang
digunakan disini adalah model proses komunikasi Shannon-Weaver dalam
menjelaskan proses komunikasi pemasaran serta konsep bauran promosi
digunakan untuk menggambarkan dan menjelaskan kegiatan komunikasi
pemasaran di FIF Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif. Metode ini bertujuan memperoleh gambaran atas hasil yang
diperoleh tentang strategi komunikasi pemasaran melalui penggunaan bauran
promosi dalam meraih target nasabah. Data diperoleh dengan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Di dalam hasil penelitian menunjukkan FIF
Yogyakarta menjalankan strategi komunikasi pemasarannya dalam mencapai
target menggunakan bauran promosi, yaitu promosi penjualan melalui pameran
dan program promosi, teknik penjualan tatap muka melalui sales marketing,
periklanan dengan menggunakan brosur dan media luar ruang, pemasaran
langsung melalui telemarketing dimana FIF membangun komunikasi dan
hubungan dengan pelanggan secara interaktif melalui kontak telepon. hubungan
masyarakat dan publisitas, serta online marketing sebagai elemen tambahan dalam
kegiatan promosi, semua itu tidak lepas dari loyalitas dan peran serta dealer dalam
menunjang kegiatan promosinya. Selain itu juga didukung oleh pelayanan FIF
melalui loyalty konsumen yang dapat menarik konsumen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 23 Nov 2016 02:32
Last Modified: 23 Nov 2016 02:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9215

Actions (login required)

View Item View Item