ANALISIS SEMIOTIKA NILAI-NILAI PUBLIC RELATIONS DALAM FILM THANK YOU FOR SMOKING

HN, BRAMANTI (2012) ANALISIS SEMIOTIKA NILAI-NILAI PUBLIC RELATIONS DALAM FILM THANK YOU FOR SMOKING. Other thesis, UPN ''VETERAN'' YOGYAKARTA.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Bagaimana jadinya jika seorang praktisi Public Relations bekerja di suatu
perusahaan kontroversi yang selalu dikaitkan sebagai penyebab dari berbagai
penyakit mengerikan dan kematian manusia, yaitu rokok? Hal inilah yang
digambarkan oleh film Thank You for Smoking. Film ini bercerita tentang kiprah
seorang juru bicara Akademi Kajian Tembakau. Untuk itu, tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai Public Relations yang terdapat dalam film
Thank You for Smoking. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana
Nilai-nilai Public Relations yang direpresentasikan dalam film Thank You For
Smoking? Penelitian ini adalah analisis semiotika dengan menggunakan metode
semiotik Roland Barthes. Melalui metode tersebut, diklasifikasikan adeganadegan
yang mengandung nilai-nilai Public Relations, kemudian adegan-adegan
tersebut diungkap makna denotasi dan konotasinya. Pada dasarnya dalam suatu
film banyak terdapat tanda yang harus diintepretasikan tentunya sesuai dengan
konteks yang menyertai setiap adegan sehingga nantinya akan menghasilkan
pemaknaan dan berlanjut pada pemahaman isi pesan. Dalam penelitian ini,
peneliti menemukan empat representasi nilai-nilai Public Relations, yaitu
fundamental value (nilai fundamental), strategic value (nilai strategis), tactical
value (nilai taktis), dan reputational value (nilai reputasi). Sutradara film ini,
Jason Reitman, mewujudkan nilai-nilai Public Relations dalam film sehingga
menonton film ini selain menghibur juga dapat memberikan banyak wawasan
strategis dan banyak ungkapan inspiratif, juga pola pikir cerdas yang dapat
dimanfaatkan oleh praktisi Public Relations dalam kehidupan nyata.
Keyword : Nilai-nilai Public Relations, Analisis semiotika, film Thank You for
Smoking

How is it going to be, if a Public Relations officer works in the
controversy company which is always related with killing diseases and death, it is
cigarette? It is what this movie, ‘Thank You for Smoking, tries to deliver. This
movie is telling about a spoke person of The Academy of Tobacco Studies for
cigarette. That’s for, this research tries to understand the Public Relations values
represented in ‘Thank You for Smoking’ movie. The case of this research is how
are Public Relations values represented in ‘Thank You for Smoking’ movie. This
research is a semiotic analysis using semiotic method by Roland Barthes.
Consider to the method, it is classified the scenes representing Public Relations
values, then uncover the denotative and connotative meaning of each scene.
Basically, a movie contains of many signs that can be interpreted through the
context of each scene then it results the meaning and continues to the
comprehension of the message. In this research, the researcher found four
representations of Public Relations values, they are fundamental value, strategic
value, tactical value, and reputational value. As the director, Jason Reitman, he
brought the Public Relations values into film. That’s why, by watching this
movie, besides entertains, it also gives many knowledge’s and inspiring
expression, and also smart ways of thinking especially in Public Relations world.
Keyword : Public Relations Values, Semiotic Analysis, Thank You for Smoking

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Erny Azyanti
Date Deposited: 22 Nov 2016 08:18
Last Modified: 22 Nov 2016 08:18
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/9202

Actions (login required)

View Item View Item